Genjot Daya Saing, Wamendag Jerry Ingin Produk Industri Domestik yang Kompetitif Diproteksi

[dok. Humas Kementerian Perdagangan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta  Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, menyerukan pentingnya proteksi terhadap produk industri domestik, khususnya yang dinilai kompetitif.

Home Industri Oli Palsu Digrebek Polda Banten, Banyak Merk Terkenal

Namun, terhadap industri yang tidak kompetitif yang mengakibatkan biaya tinggi secara ekonomi, maka hal itu menurutnya tidak perlu lagi diproteksi.

"Justru dengan kita memacu industri domestik untuk lebih kompetitif, maka industri kita akan dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas dari industri itu sendiri," kata Jerry dalam keterangannya, Selasa, 21 Mei 2024.

Sandiaga soal Tapera: Kalau Tidak Sekarang, Gen Z Nggak Bisa Punya Rumah

Jerry menekankan, persaingan akan menjadikan kita lebih baik, terutama produk-produk lokal yang kita miliki. "Kadang kala kita harus agak memaksa industri lokal kita untuk bersaing mulai dari tingkat lokal, nasional, regional dan global," ujarnya.

Wamendag Jerry Sambuaga (kiri) dan Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Simak, Ini Bahan yang Dikecualikan dari Kewajiban Sertifikat Halal

Jerry mengatakan, kadang kala proteksi dilakukan secara terlalu berlebihan terhadap industri domestik yang tidak kompetitif. Menurutnya, hal itu bisa membuat proses negosiasi perjanjian dagang di tingkat internasional menjadi lebih sulit. 

"Mungkin ini momen yang tepat untuk kita mencoba mengkaji kembali proporsionalitas dan objektifitas dari kebijakan yang terlalu proteksionis, terhadap industri yang tidak kompetitif," kata Jerry.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Dengan adanya keterbukaan, lanjut Jerry, maka mau tidak mau industri akan menjadi kompetitif karena ada istilah 'now the world is flat'.

"Interaksi antar negara sekarang sudah tidak dibatasi, cepat dan dinamis. Dengan fenomena ini, mau tidak mau industri kita akan semakin 'dipaksa' menjadi lebih kompetitif," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya