Menkeu Serukan Transformasi Birokrasi

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan bahwa pemerintah perlu mewujudkan transformasi birokasi dan membangun budaya baru: melayani masyarakat dan beri respon yang cepat.

Pernyataan ini disampaikan Agus dalam acara Lokakarya Peran Litbang dan Inspektorat dalam Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) di Jakarta, 12 Juli 2011. “Kita perlu melakukan transformasi birokasi karena saat ini banyak penyakit, seperti kolusi dan nepotisme,” kata Agus.

Menurut Agus, jika ingin melakukan transformasi biroksi bisa dimulai dari budaya melayani, budaya respons cepat, dan budaya evaluasi. Dari situlah nantinya Indonesia bisa menjadi negeri yang bermartabat.

Transformasi birokrasi, menurut Agus, tak membutuhkan waktu lama. Cuma satu tahun. Asal semua mau berlatih memiliki budaya baik dan mau mentaati undang-undang. "Kita tidak butuh waktu tiga tahun," ujar Agus.

Sehingga, Agus berharap, lokakarya tersebut bisa memberikan karya yang lebih baik dan langsung memberikan manfaat kepada masyarakat luas. (Laporan: Nina Rahayu)

Mantan CEO PrettyLittleThing Umar Kamani Pecahkan Rekor Penjualan Tanah Terbesar di Dubai
Menag Yaqut Cholil Qoumas di Bandara Soetta jelang bertolak ke Jeddah

Cek Persiapan Akhir Layanan Jemaah Haji, Menag Bertolak ke Arab Saudi

Menag terbang pada 7 Mei 2024 dini hari, dan dijadwalkan berada di Saudi selama empat hari dan kembali ke Tanah Air pada 11 Mei 2024. Jemaah haji reguler secara bertahap

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024