Jokowi Upayakan Diversifikasi Komoditas Perdagangan ke India

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo beserta rombongan terbatas, hari ini, Senin 12 Desember 2016, melakukan kunjungan kenegaraan ke India. Pada kesempatan ini, Presiden akan meningkatkan kerja sama dan mencari peluang-peluang baru baik di bidang perdagangan maupun investasi.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

"Besok, Presiden akan bertemu dengan 20 CEO dari India dengan tujuan agar mereka yang sudah berinvestasi dapat menjaga kesinambungan, dan mencari peluang baru di bidang perdagangan maupun hal lain yang terkait kerja sama ekonomi," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, melalui keterangan tertulis, Senin 12 Desember 2016.

Diversifikasi komoditas perdagangan merupakan salah satu tujuan utama dalam kerja sama dengan India. Hal ini telah dilakukan oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat melakukan pertemuan dengan eksportir dan importir India.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

India adalah mitra dagang terbesar Indonesia di Asia Selatan dan merupakan mitra terbesar jika dilihat dari perdagangan Indonesia dengan internasional. Indonesia pun menikmati surplus cukup banyak dari India. Namun, sebagian besar terdiri atas komponen minyak sawit mentah (crude palm oil) dan batu bara.

"Oleh karena itu, kita ingin mendiversifikasi jenis mata dagangan dengan India, misalnya di bidang furnitur. Ada bidang lain juga seperti gambir, pinang. Kita juga ingin ada kerja sama dalam pengadaan bahan baku obat. Jadi banyak sekali mata dagang yang bisa kita tambahkan," tutur Retno.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Pada pertemuan selama dua hari ini, Presiden didampingi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Foto Presiden Jokowi tidak dipajang di kantor DPD PDIP Sumut

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

PDIP menegaskan tidak ada muatan politis dibalik raibnya foto Jokowi di ruang aula Bung Karno DPD PDIP Sumut. Ia berdalih foto Jokowi 'menghilang' karena terjatuh

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024