3 Ayat Alquran yang Ampuh Menangkal Santet dan Sihir

Ilustrasi Santet
Ilustrasi Santet
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sihir hanyalah perbuatan sia-sia yang tak akan pernah sekalipun menang. Allah SWT bahkan telah menjamin bahwa sampai kapanpun sihir tidak akan pernah menang.

Oleh sebab itu, manusia tidak perlu takut dengan sihir, santet ataupun sejenisnya. Baca dan renungi 3 ayat Alquran ini yang ampuh menangkal sihir. Sihir adalah kejahatan yang dilakukan baik oleh manusia maupun oleh jin atau dikerjakan dengan bekerja sama di antara keduanya.

Perlindungan yang terbaik dari sihir adalah berlindung dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Salah satu cara untuk memohon perlindungan Allah SWT dari sihir adalah dengan mengamalkan 3 ayat Alquran dan merenungi serta meyakininya.

Khalid bin bin Abdurrahman bin Ali al-Jarisy dalam kitabnya Ar-Ruqyah as-Syar’iyyah Kamilah Min Alquran wa as-Sunnah menjelaskan ayat yang bisa digunakan untuk menangkal sihir. Di antaranya adalah terdapat dalam sejumlah surat Alquran, sebagai berikut:

Surat Al-A’raf 117-119. Di dalam ayat tersebut ditekankan bahwa segala hal yang berkaitan dengan sihir adalah sebuah kepalsuan dan juga sia-sia.

Jadi perbuatan sihir tidak ada manfaatnya sama sekali, hanya bung-buang waktu, tenaga dan bahkan menggadaikan keimanan hanya demi kesenangan atau kepuasan duniawi. Selain itu, ayat tersebut diturunkan untuk memberikan nasihat kepada hamba-Nya agar tidak bermain dengan sihir yang akan membuat pelakunya jadi orang-orang yang hina.

Surat Yunus 79-82. Dalam ayat ini disebutkan bahwa perilaku sihir hanyalah kepalsuan belaka. Dan perbuatan sihir adalah perilaku orang-orang yang berbuat kerusakan. Jadi orang-orang yang bergantung pada sihir adalah orang-orang yang tersesat dan berbuat kerusakan.