Logo BBC

Apa yang Salah dengan Lionel Messi

Bomber Argentina, Lionel Messi - REUTERS
Bomber Argentina, Lionel Messi - REUTERS
Sumber :
  • REUTERS

Wajah Lionel Messi yang muram saat berjalan langsung ke ruang ganti setelah Argentina ditaklukkan 0-3 oleh Kroasia di Nizhny Novgorod sudah menjadi salah satu perlambang dari Piala Dunia 2018.

Dua pertandingan berjalan dan pemain yang lima kali terpilih sebagai Pemain Terbaik dunia gagal mencetak satu gol pun atau mengumpan bagi terciptanya gol. Bahkan dia gagal mencetak gol dari titik penalti dalam pertandingan pertama melawan Islandia.

Dan tim dari Amerika Selatan ini bisa jadi tersingkir di babak grup Piala Dunia, yang kedua kalinya sejak tahun 2002, dan menjadi yang pertama setelah diperkuat oleh `The Messiah`, sang penyelamat.

Pada usia 30 tahun, teorinya Messi setidaknya masih punya kesempatan untuk turun di satu Piala Dunia lagi. Namun banyak pengamat berpendapat Rusia 2018 merupakan peluang terakhirnya untuk merebut gelar piala besar bersama Argentina. Sejauh ini pencapaian tertingginya bersama tim nasional adalah medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

Musim lalu juga bukan yang baik baginya di Barcelona: walau mereka meraih gelar ganda di dalam negeri -La Liga dan Copa del Rey- mereka tersingkir di perempat final Piala Champions untuk ketiga kalinya berturut-turut, sementara seteru bebuyutan, Real Madrid merebut piala Eropa itu untuk tiga kali berturut-turut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa Messi tertatih-tatih pada musim ini. Berikut daftarnya.


Kelelahan dan cedera membuat Messi mungkin menjadi `buntu`. - Getty