Gelombang Kritik Netizen Desak Edy Rahmayadi Angkat Kaki dari PSSI

Ketua Umum PSSI, Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi
Sumber :
  • Twitter/@RahmayadiEdy

VIVA – Batalnya perpanjangan kontrak Luis Milla Aspas sebagai pelatih Timnas Indonesia, diikuti dengan kekalahan Timnas U-19 di Piala Asia U-19, membuat masyarakat Indonesia marah dan mengecam kepemimpinan Letjen TNI (Purn) Edy Rahmayadi sebagai Ketua Umum PSSI. Desakan masyarakat agar Edy mundur pun kembali muncul.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Edy sebelumnya menyatakan bahwa Milla segera datang dan akan tetap melatih Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2018 yang akan datang. Akan tetapi faktanya, PSSI malah menunjuk Bima Sakti, legenda hidup sepakbola Indonesia yang sebelumnya berposisi sebagai asisten Milla.

Masyarakat pun kecewa dengan keputusan itu. Mereka ramai-ramai mengecam dan mendesak Edy meletakkan jabatannya sebagai Ketum PSSI. Alasannya, selain sepakbola Indonesia yang belum ada prestasinya sejak 2016 Edy memimpin, mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu juga saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Justin Hubner Menghilang dari Skuad Cerezo Osaka Usai Tinggalkan Timnas Indonesia U-23

Memegang dua jabatan sekaligus, membuat Edy dianggap tak maksimal. Dan imbasnya, perpanjangan kontrak Milla yang ternyata tak menemui titik terang. 

Gelombang kritik keras masyarakat terlihat di sejumlah media sosial. Akun Twitter bernama @SultanFajarF misalnya yang mendesak Edy turun dari posisi Ketum PSSI. Edy dianggap sudah membohongi masyarakat dengan pernyataannya yang menyebut Milla akan tetap menjadi pelatih Timnas Indonesia. 

Timnas Indonesia U-23 Tiba di Paris untuk Hadapi Guinea di Playoff Olimpiade 2024

"Turunkan @RahmayadiEdy Dari jabatan ketum @PSSI dia sudah membohongi seluruh pencinta sepakbola dengan statementnya "sudah deal dengan luis milla" tulis akun @SultanFajarF.

Lalu, ada juga akun bernama @allfredotcom. Akun ini tampak menunjukkan kekesalannya. Menurutnya, Ketum PSSI terlalu banyak membual. Tak lupa, akun ini juga menyertakan tagar #PSSIbobrok dan #EdyOut.

"Makin lama makin mual sama ketua @PSSI terlalu banyak membual!! #PSSIbobrok #EdyOut," tulis akun @allfredotcom.

Akun lainnya, @fiqih_prayogi, bersikap lebih diplomatis. Akun ini menyertakan akun Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, untuk segera mengambil tindakan merombak struktur organisasi PSSI.

"Sy berharap pihak pemerintah.. Kpda pak @jokowi sbg Presiden RI dan bpk kemenpora @imam_nahrawi agr kiranya seluruh pengurus PSSI ini dpt dirombak total.. Dan buat polling siapa yg pantas dijadikan ketum.. Dan kedepan agr lbh transparan.. #revolusipssi #PSSIBobrok," tulis akun @fiqih_prayogi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya