Giliran Nyalla Pecat Peni dari Pengcab Malang

Rapat Akbar Sepakbola Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Langkah PSSI Pusat membekukan Pengurus Provinsi PSSI Jawa Timur telah menimbulkan gejolak baru. Bagaimana tidak, walikota Malang, Peni Suprapto yang baru saja ditunjuk oleh PSSI pusat sebagai Plt Pengprov Jatim, justru dipecat dari jabatannya sebagai ketua pengcab Kota Malang.

Pemecatan ini dilakukan oleh Ketua Pengprov PSSI Jatim, La Nyalla Mattaliti yang baru saja dibekukan PSSI Pusat. Menurut La Nyalla, pemecatan Peni dari jabatannya telah didukung 31 dari 38 pengcab yang ada di Jawa Timur.

"Peni Suparto sudah dipecat sebagai ketua Pengcab PSSI Kota Malang. Sudah pasti dan keputusannya final," kata La Nyalla Matalitti usai menghadiri Pelantikan Pengurus PWI Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa 31 Januari 2012.

La Nyalla menjelaskan, alasannya memecat Peni adalah sikapnya yang telah menerima jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Pengprov PSSI Jatim yang dari PSSI Pusat. "Seharusnya, Peni sudah mengerti. Tapi ia malah menerima penunjukan dan bereaksi aktif. Padahal Peni sebagai Ketua Pengcab mestinya tidak menerima itu," beber La Nyalla. 

Akibatnya, Peni dinyatakan tidak berhak lagi mengurusi apapun di lingkungan PSSI Malang. Selanjutnya akan dipilih seorang Plt untuk menggantikan posisi Peni sebagai Ketua Pengcab PSSI Kota Malang.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

"Yang dipecat Peni seorang. Jadi sampai batas waktu yang belum ditentukan, kepengurusan akan dilanjutkan pengurus harian. Semua diserahkan dan tergantung keputusan pengurus yang akan segera menggelar konsolidasi menyikapi hal ini," tegasnya.

Selain memecat Peni, PSSI Jatim juga mengeluarkan kepastian untuk membekukan kepengurusan Pengcab PSSI Kota Surabaya yang selama ini dipimpin Cholid Ghoromah.

"Sementara ini kendali Pengcab PSSI Jatim dipercayakan terhadap Haris Purwoko. Sama dengan Malang, nantinya akan segera dilakukan pembahasan dan konsolidasi anggota PSSI di daerah."
 
Konflik PSSI telah membuat PSSI Jatim ikut bergejolak. La Nyalla selaku Komite Eksekutif PSSI Pusat telah lebih dulu dipecat PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin. Kemudian PSSI juga memberhentikan La Nyalla sebagai Ketua Pengprov PSSI Jatim. Selanjutnya, PSSI memberikan mandat kepada Wali Kota Malang Peni Suparto sebagai Plt, dan melakukan konsolidasi agar segera dibentuk musyawarah luar biasa Pengprov PSSI Jatim.  (umi)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016