KPSI Mundurkan Jadwal Kongres Luar Biasa

Konferensi Pers Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Rapat tahunan PSSI yang digelar oleh Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) memutuskan untuk memundurkan tanggal penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB).

Awalnya, KLB untuk memilih kepengurusan baru PSSI dijadwalkan akan digelar pada 6 Maret 2012. Namun, KLB tersebut kini diundur menjadi 21 Maret 2012.

Menurut Sekjen KPSI, Hinca Pandjaitan, mundurnya jadwal tersebut lantaran KPSI berusaha tetap mengikuti prosedur penyelenggaraan KLB sesuai statuta PSSI. Salah satunya mengenai mekanisme penyebaran undangan kepada anggota PSSI. Empat pekan sebelum kongres, undangan resmi harus sudah dikirimkan.

Mundurnya jadwal kongres tersebut mengacu pada batas akhir jadwal pengumuman Komite Banding Pemilihan (KBP) yang jatuh pada 21 Februari 2012 mendatang. Jika tetap digelar 6 Maret, maka mekanisme penyebaran undangan yang harusnya empat pekan sebelum KLB tidak akan terpenuhi.

Undangan KLB yang antara lain berisikan daftar calon, agenda, dan kelengkapan kongres tersebut, akan langsung dikirim oleh KPSI setelah nama-nama calon ditetapkan. KPSI mulai hari ini, Senin 6 Februari 2012, juga telah membuka pendaftaran Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, serta anggota Komite Eksekutif PSSI. Pendaftaran akan ditutup pada 15 Februari mendatang.

"Tapi, kami juga tetap menunggu undangan kongres-nya PSSI. kalau PSSI offside dengan salah satunya tidak mengundang satu saja anggota, kami tentu akan lanjut kongres. Karena sesuai kongres Solo, sebanyak 2/3 lebih pemilik suara PSSI itu ada di KPSI ini,’’ ujar Hinca.

Ketua Umum KPSI, Tony Apriliani menambahkan, tidak hanya jadwal waktu pelaksanaan KLB saja yang berubah. Tempat digelarnya KLB juga dipindahkan dari Surabaya ke Jakarta. Selain alasan lebih efisien, Jakarta juga dinilai paling kondusif untuk dipilih menggelar KLB.

"Sebetulnya pemindahan tempat ke Jakarta tidak lebih untuk membuat semuanya lebih efektif. Transportasi dan akomodasi yang mudah, juga akses yang cepat. Semuanya bisa dilakukan dengan sekali jalan. Dan, itu juga karena memang ada permintaan dari peserta pada saat Pra Kongres yang digelar sebelumnya," ujar Tony.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016