Nyalla Anggap Wacana Rekonsiliasi Telah Usang

Rapat Akbar Sepakbola Nasional
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Anggota Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI), La Nyalla Mattalliti, menilai wacana rekonsiliasi dengan PSSI sudah terlambat untuk dilakukan. Nyalla juga menganggap usul menggabungkan Liga Super Indonesia (ISL) dan Indonesian Premier League (IPL) mustahil dijalankan.

"Sudah tidak mungkin dijadikan satu. Apalagi, ISL telah berjalan lancar," kata La Nyala, Jumat, 10 Februari 2012.

Wacana rekonsiliasi KPSI dan PSSI mencuat setelah KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR RI. Ketua KONI Tono Suratman mengusulkan agar dua kompetisi yang saat ini bergulir yakni IPL dan ISL dilebur menjadi satu.

Tono juga berharap KPSI dan PSSI bersedia melakukan rekonsiliasi, sehingga tidak perlu menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Tono juga meminta agar PSSI mengundang para peserta Kongres Solo 2011 pada Kongres Tahunan yang akan digelar 18 Maret mendatang.

Wacana rekonsiliasi juga diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng. Demi timnas, Andi berharap PSSI juga mau mengakui ISL sebagai liga resmi seperti IPL.

Meski demikian, La Nyalla punya pendapat lain. Menurut dia, langkah rekonsiliasi sudah terlambat, karena saat ini sebagian besar anggota PSSI justru menginginkan Kongres Luar Biasa (KLB).

Pada kesempatan yang sama, La Nyala juga menyampaikan bahwa KPSI sebaiknya tidak diundang dalam Kongres Tahunan PSSI. Sebab, bagaimana pun KPSI akan menggelar KLB sesuai permintaan anggota.

"Seandainya kami diundang, kami akan hadir. Namun, bukan karena PSSI, melainkan FIFA. Karena kami menghormati FIFA. Kalau diundang, kami akan sahkan di sana. Tuntutan KLB akan didorong pada Kongres Tahunan PSSI," katanya. (art)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016