Ranking FIFA, Indonesia Turun Lagi

Gunawan Dwi Cahyo (kanan) saat Indonesia melawan Bahrain
Sumber :
  • daylife.com

VIVAbola – Kekalahan telak 0-10 dari Bahrain pada laga grup E Pra Piala Dunia 2014 ternyata berpengaruh terhadap ranking Indonesia di ranking FIFA. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan FIFA, Rabu 7 Maret 2012, Indonesia kini berada di peringkat 147 dengan 160 poin atau turun 1 tingkat dibandingkan bulan lalu.

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Ini berarti peringkat Indonesia kembali mengalami penurunan. Bulan lalu, Tim Merah Putih harus turun 3 peringkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, Bahrain yang sukses mengalahkan Indonesia sukses mengalami peningkatan peringkat. Skuad asuhan Peter Taylor kini menghuni peringkat 93 dengan 373 poin, naik 3 tingkat dibandingkan bulan lalu.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Bukan hanya Indonesia yang mengalami penurunan peringkat. Tiga negara Asia Tenggara, yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura juga harus turun tingkat. Thailand harus turun 9 tingkat dan berada di ranking 139. Sedangkan Malaysia harus turun 2 tingkat. Kini mereka harus berada di posisi 152. Singapura harus turun 2 tingkat, dan kini berada di posisi 150.

Hasil berbeda diperoleh Vietnam. Mereka masih tercatat sebagai negara dengan peringkat terbaik di Asia Tenggara. Vietnam berada di posisi 98 dengan 347 poin, naik 2 peringkat dibandingkan bulan lalu.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Belanda Naik, Jerman Turun

Perubahan posisi juga terjadi di jajaran 10 besar. Hasil-hasil laga persahabatan akhir bulan lalu membuat beberapa negara mengalami perubahan peringkat.

Kemenangan atas Inggris di Wembley membuat Belanda naik satu peringkat. Oranje kini menghuni posisi 2, menggeser Jerman yang kini menempati posisi ketiga. Spanyol masih tak terkejar di peringkat pertama.

Sementara itu kemenangan 3-1 atas Swiss membuat Argentina kembali menempati posisi 10 besar. Tim Tango kini berada di peringkat ke-8, naik 3 tingkat dibandingkan bulan lalu.

Peringkat FIFA per 7 Maret 2012

1. Spanyol

2. Belanda

3. Jerman

4. Uruguay

5. Brasil

6. Inggris

7. Portugal

8. Argentina

9. Italia

10. Kroasia

...

145. Tajikistan

146. St. Vincent and the Grenadies

147. Indonesia

148. Malta

148. Yaman

150. Samoa

150. Singapura

152. Malaysia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya