PSSI Didesak Segera Terbitkan SK Bagi La Nyalla Cs

Konferensi Pers Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy


VIVAbola - Anggota Joint Committe (JC), Hinca Panjaitan meminta agar Sekjen PSSI segera mengaktifkan kembali empat anggota Komite Eksekutif yang sempat dipecat sebelumnya. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Tony Apriliani, Roberto Rouw, dan Erwin Dwi Budiawan.

"Hasil rapat kedua Joint Committe secara tegas disebutkan bahwa empat orang ini per tanggal 20 September sudah masuk Exco PSSI kembali, tanpa syarat," kata Hinca dalam jumpa pers di Kantor PT Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Kamis, 27 September 2012. 

"Jadi, sekarang tinggal Sekjen (PSSI) saja mengeluarkan SK (Surat Keputusan). Setelah itu sudah, mereka dinyatakan masuk," bebernya.

La Nyalla cs yang terpilih lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Solo itu dipecat dari jabatannya pada Desember 2011. Oleh komite etik, mereka dianggap bersalah telah melanggar kode etik PSSI.

Pemecatan ini semakin memperuncing konflik yang ada di tubuh PSSI. Puncaknya adalah saat sebagian besar anggota PSSI yang tidak sejalan dengan kepemimpinan Djohar Arifin Husin menggelar KLB di Ancol, Februari 2012 dan mengangkat La Nyalla sebagai ketum PSSI.

Konflik terus berkembang dan memaksa AFC untuk turun tangan melalui pembentukan satuan tugas. Di bawah arahan satgas ini, kedua kubu akhirnya sepakat untuk menandatangani MoU di mana salah satu poinnya adalah membentuk joint committee atau komite bersama.

Pertemuan kedua JC baru saja dilakukan di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012. Selain membahas mengenai pengembalian empat anggota exco tersebut, pertemuan juga menelurkan rekomendasi penyelenggaraan Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa.

"Kami menyampaikan usulan bahwa untuk Kongres Luar Biasa diadakan 15 November 2012. Kongres ini sangat penting untuk memutuskan bagaimana nasib tim nasional dan Liga, juga untuk pengesahan statuta. AFC (Asosiasi Sepakbola Asia) mengharuskan kita melakukan dua kongres, karena PSSI masih utang Kongres 2011," kata Hinca.

Terkait kongres, JC telah membentuk kelompok kerja yang bertugas untuk merumuskan amandemen statuta PSSI. Kubu PSSI akan diwakili Saleh Ismail Mukadar dan Catur Agus Saptono, dan KPSI (Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia) diwakili Togar Manahan dan Hinca sendiri. Tim ini bekerja mulai besok, Jumat, 27 September 2912. (adi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016