Teknologi VAR Bikin Sergio Ramos Tampil Kalem

Pelatih Timnas Spanyol, Fernando Hierro (tengah) dan Tim Matador.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Teknologi video assistant referee (VAR) yang digunakan dalam Piala Dunia 2018 membuat bek tim nasional Spanyol, Sergio Ramos, tampil kalem. Dia tak ingin melakukan sedikit pun kesalahan yang akan merugikan timnya.

Mirip dengan Piala Dunia U-17, PSSI dan LIB Mulai Uji Coba Penerapan VAR

VAR sudah membuat beberapa tim kecewa. Pantauan ulang wasit melalui tayangan video kerap berbuah hukuman penalti, salah satunya dirasakan oleh Australia saat berhadapan dengan Prancis.

Ramos juga sadar akan hal itu. Pergerakan menghalau lawan di dalam kotak penalti harus dilakukan tanpa menimbulkan risiko pelanggaran.

Liverpool Bantai Chelsea Berujung Ejekan LiVARpool

"Anda harus mencoba dan tetap tenang karena ada VAR yang digunakan saat ini. Teknologi itu kan memperlihatkan tindakan dan pergerakan," tutur Ramos, dikutip dari Marca.

Saat ini, Spanyol berada di atas angin untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Mereka punya empat poin, sehingga bisa memimpin klasemen sementara Grup B.

LIB Kembali Gelar Pelatihan VAR, Diikuti 35 Wasit dan 16 Replay Operator

Satu hasil imbang melawan Maroko di laga pamungkas Grup B sudah cukup bagi La Furia Roja untuk melangkah ke babak selanjutnya. Ramos berharap target itu tidak akan meleset.

"Sekarang kami harus mencoba agar tetap berada di posisi puncak klasemen. Itu menjadi target kami, dan kami harus terus bekerja keras," ujarnya. (one)

penerapan VAR dicoba di Final EPA U-20

VAR Mulai Diterapkan di Final EPA U-20 Persita Vs Persis Solo

Uji coba video assistant referre (VAR) resmi dilakukan di final Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kamis 7 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024