Liga Top Eropa Segera Mulai, Kapan Bursa Transfer 2018 Ditutup?

Manchester City juara Community Shield.
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVA – Agustus selalu menjadi bulan yang sangat sibuk bagi klub-klub yang berkompetisi di Eropa. Bagaimana tidak, sebagian besar kompetisi di Benua Biru dimulai pada pertengahan hingga akhir bulan ini.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Salah satunya seperti kompetisi kasta tertinggi di Inggris, Premier League. Kompetisi ini bakal dimulai pada akhir pekan ini tepatnya Jumat, 10 Agustus 2018 atau Sabtu dini hari WIB.

Kepastian dimulainya awal musim tentu berbanding lurus dengan kepastian ditutupnya bursa transfer musim panas. Namun, mulai musim ini, terdapat sejumlah perubahan yang dilakukan.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Jika biasanya bursa transfer musim panas bakal ditutup pada 31 Agustus atau 1 September, beda halnya dengan aturan pada musim panas 2018. Mulai musim ini, beberapa kompetisi mengakhiri jadwal perekrutan pemain lebih cepat.

Seperti yang dilakukan oleh Premier League. Klub peserta hanya bisa merekrut pemain hingga Kamis, 9 Agustus 2018 pukul 17.00 waktu setempat. Sebab, kompetisi bakal dimulai tepat sehari setelahnya.

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

Kesepakatan ini diambil agar setiap klub tak banyak bongkar pasang ketika musim sudah berjalan. Kondisi ini membuat klub lebih fokus memanfaatkan pemain yang ada.

Hal senada juga dilakukan oleh Serie A Italia. Mereka akan menutup pintu transfer untuk pemain baru pada Jumat, 17 Agustus 2018 pukul 20.00 waktu setempat, tepat sehari sebelum musim dimulai.

Kondisi ini hanya berlaku untuk dua kompetisi itu. Sedangkan kompetisi lainnya seperti LaLiga, Bundesliga, dan Ligue 1 masih berlangsung hingga 31 Agustus, sesuai dengan ketentuan FIFA.

Meski begitu, tenggat transfer ditutup hanya untuk pemain baru. Klub-klub peserta Premier League dan Serie A masih dipersilakan untuk melepas atau meminjamkan pemain kepada tim lain yang bursa transfernya masih berlangsung. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya