Percakapan Main Mata Timnas Denmark dan Swedia Demi Depak Italia

Banner 2-2 dalam duel Swedia vs Denmark di Piala Eropa 2004.
Banner 2-2 dalam duel Swedia vs Denmark di Piala Eropa 2004.
Sumber :
  • fourfourtwo.com

VIVA – Sebuah skandal menghebohkan sempat terjadi di Piala Eropa 2004. Dua tim di wilayah Skandinavia, Timnas Denmark dan Timnas Swedia dituding main mata demi menyingkirkan Timnas Italia.

Posisi Italia kritis usai melakoni dua laga di grup C dengan 2 poin dari 2 laga. Sementara itu, Denmark dan Swedia yang akan berhadapan di partai pamungkas sudah mengumpulkan 4 poin.

Situasi ini memungkinkan tiga tim sama-sama mengumpulkan 5 poin dan menggunakan aturan head to head. Swedia bermain imbang 1-1 dengan Italia, sedangkan Denmark imbang 0-0 dengan Gli Azzurri. Dengan demikian, jika Swedia dan Denmark bermain imbang 2-2 ke atas, Italia dipastikan tersingkir, apapun skor melawan Bulgaria.

Apa yang ditakutkan Italia ternyata benar-benar terjadi. Denmark dan Swedia bermain imbang 2-2 di Estádio do Bessa, Porto, 22 Juni 2004. Denmark sempat unggul lewat Jon Dahl Tomasson di menit 28, lalu disamakan Henrik Larsson lewat titik penalti di menit 47.

Tomasson kembali membawa Denmark unggul (66'). Namun,  Mattias Jonson (89') menyamakan kedudukan jelang laga berakhir. Denmark dan Swedia sama-sama lolos ke perempatfinal, Italia angkat koper.

Dilansir The Guardian, setahun usai kejadian tersebut, majalah sepakbola Swedia, Offside membocorkan apa yang terjadi di lapangan dalam duel Denmark vs Swedia.

Halaman Selanjutnya
img_title