Profil Timnas Republik Ceko, Langganan Piala Eropa Sejak 1996

Pemain Timnas Republik Ceko rayakan gol.
Sumber :
  • instagram.com/ceskarepre/

VIVA – Timnas Republik Ceko menjadi salah satu kuda hitam berbahaya di EURO 2020. Tim Eropa Timur ini tergabung di Grup D bersama Inggris, Skotlandia, dan Kroasia.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Bicara tradisi, Ceko bukanlah nama baru. Sejak berpisah dari Cekoslovakia, Ceko selalu tampil di Piala Eropa sejak 1996.

Prestasi terbaik mereka saat melakoni debut sebagai Republik Ceko. Dimotori Pavel Nedved dan Karel Poborsky, Ceko keluar sebagai runner up. Mereka kalah 1-2 dari Jerman dalam laga final di Wembley Stadium, 30 Juni 1996.

Timnas Italia Lolos, Berikut Daftar 20 Tim yang Tampil di EURO 2024

Setelah itu, mereka selalu tampil di Piala Eropa. Ceko tiga kali terhenti di penyisihan grup (2000, 2008, 2016), melaju ke semifinal (2004) dan terhenti di perempatfinal (2012).

Sementara itu, saat bernama Cekoslovakia, mereka sempat mengangkat trofi Piala Eropa. Cekoslovakia menjuarai Piala Eropa 1976 dengan menekuk Jerman Barat 5-3 (2-2) lewat adu penalti di Red Star Stadium, Belgrade di Yugoslavia.

Hasil Kualifikasi EURO 2024: Italia Cetak 5 Gol, Inggris Petik Kemenangan

Ceko lolos ke Piala Eropa 2020, usai menjadi runner up Grup A di bawah Inggris. Mereka mengoleksi 15 poin, hasil lima kemenangan dan tiga kali kalah.

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Di EURO 2020, takdir kembali mempertemukan Ceko dengan Inggris. Perlu dicatat, Ceko merupakan satu-satunya tim yang mampu menekuk Inggris di kualifikasi.

Kini, Ceko sudah tak memiliki nama tenar seperti Petr Cech, Pavel Nedved, ataupun Karel Poborsky. Mereka didominasi pemain yang tampil di liga lokal.

Namun, masih ada pemain yang bermain di liga top Eropa. Sebut saja Tomas Vaclik (Sevilla), Jakub Jankto (Sampdoria) dan Patrik Schick (Bayer Leverkusen).

Ceko berpeluang menciptakan kejutan di EURO 2020. Untuk mengulangi sejarah 1996 sepertinya sulit, namun untuk sekadar lolos ke 16 besar mereka masih berpeluang besar.

Skuad Republik Ceko di Piala Eropa 2020:

Kiper: Ales Mandous (Sigma Olomouc), Tomas Koubek (FC Augsburg), Tomas Vaclik (Sevilla) 

Bek: Jan Boril (Slavia Praha), Jakub Brabec (Viktoria Plzen), Ondrej Celustka (Sparta Praha), Vladimír Coufal (West Ham), Pavel Kaderabek (Hoffenheim), Tomas Kalas (Bristol City), Tomas Holes (Slavia Praha), Ales Mateju (Brescia), David Zima (Slavia Praha) 

Gelandang: Antonín Barák (Hellas Verona), Vladimír Darida (Hertha Berlin), Jakub Jankto (Sampdoria), Alex Kral (Spartak Moscow), Lukáš Masopust (Slavia Praha), Jakub Pešek (Sparta Praha), Michal Sadílek (Slovan Liberec), Petr Ševcík (Slavia Praha), Tomas Soucek (West Ham)

Penyerang: Adam Hlozek (Sparta Praha), Michael Krmencík (PAOK), Tomas Pekhart (Legia Warsaw), Patrik Schick (Bayer Leverkusen), Matej Vydra (Burnley)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya