Formasi 5 Bek Timnas Belanda Bikin Pertahanan Makin Kokoh

Pemain Timnas Belanda merayakan gol ke gawang Ukraina
Sumber :
  • twitter.com/EURO2020

VIVA – Pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer percaya diri dengan formasi 5-3-2 yang dia terapkan di EURO 2020. Dua kemenangan sudah didapatkan atas Ukraina dan Austria.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Juru taktik berusia 51 tahun tersebut menilai dalam laga melawan Austria, pertahanan mereka sudah berkembang. Terbukti lawan kesulitan untuk mencetak gol, sehingga Belanda menang 2-0.

Para pemain juga percaya diri menjalani tugas dan perannya dalam formasi 5-3-2 ini. De Boer berharap, ke depan mereka akan semakin solid lagi.

Terbaru Paul Pogba, Ini 5 Pemain Sepakbola Tersandung Kasus Doping

"Para pemain percaya pada diri mereka sendiri. Itu penting. Kami telah melihat perkembangan, terutama dalam bertahan melawan Austria," kata de Boer, dikutip dari laman resmi UEFA.

Untuk aspek serangan, de Boer menilai seharusnya Belanda masih bisa lebih baik lagi. Karena dalam sejarahnya, De Oranje punya permainan ofensif yang bagus.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Itulah mengapa saat meladeni Makedonia Utara dalam laga pamungkas Grup C EURO 2020, de Boer ingin anak asuhnya tetap fokus. Mereka butuh penampilan terbaik agar bisa melakukan evaluasi.

"Saya pikir kami bisa melakukan lebih baik dalam serangan, karena biasanya itulah kekuatan kami. Tapi kami masih belajar, dan kami ingin meningkatkan lagi melawan Makedonia Utara," imbuhnya.

Belanda sebenarnya bisa tampil tanpa beban saat menghadapi Makedonia Utara. Karena mereka sudah dipastikan lolos kebabak 16 besar.

Akan tetapi, de Boer tak mau anak asuhnya lengah. Selain mereka butuh penampilan yang jauh lebih solid, pertandingan ini digelar di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, malam WIB nanti.

Suporter Belanda akan datang untuk memberi dukungan. Jangan sampai kedatangan mereka tidak disambut dengan penampilan yang baik dari tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya