VAR Bantu Donnarumma Patahkan Rekor Tak Kebobolan Dino Zoff

Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma (kanan).
Sumber :
  • instagram.com/gigiodonna99

VIVA – Timnas Italia berhasil mematahkan rekor tak kebobolan terlama milik kiper legendaris Dino Zoff. Hal tersebut terjadi usai Gli Azzurri menekuk Austria 2-1 di babak 16 besar EURO 2020 di Wembley Stadium, London, Minggu dini hari WIB, 27 Juni 2021.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Zoff tak kebobolan selama 1.142 menit pada 1972 hingga 1974. Dengan bertahan tak kebobolan selama 90 menit, kiper Italia, Gianluigi Donnarumma menjaga gawangnya 1.145 menit tetap perawan. Rekor milik Zoff pun berhasil dipatahkan.

Donnarumma beruntung karena EURO kali ini sudah menggunakan teknologi VAR. Sebab, di menit 65, gawangnya bobol lewat sundulan Marko Arnautovic.

10 Pertemuan Terakhir, Timnas Italia Kerap Jadi Mimpi Buruk Inggris

Wasit asal Inggris, Anthony Taylor memutuskan untuk melihat VAR. Gol Arnautovic akhirnya dianulir karena offside.

"Saya khawatir. Kemudian, saya melihat VAR mengecek gol tersebut dan saya sangat senang saat itu dianulir," kata Donnarumma dilansir Football Italia.

Gareth Southgate Ogah Mundur dari Timnas Inggris

Gawang Donnarumma akhirnya harus bobol di menit 114 lewat sundulan Sasa Kalajdzic. Meskipun demikian, Italia tetap melenggang ke perempatfinal dengan kemenangan 2-1.

"Kami tahu ini tak akan menjadi laga mudah. Kami tampil baik dan menjaga pertahanan dengan ketat, terus menekan dan mencetak gol yang memecah kebuntuan. Setelah itu, terasa lebih mudah," kata Donnarumma.

"Benar kami kebobolan di akhir. Tapi, akhirnya itu membantu kami melaju," lanjut kiper AC Milan ini.

Lawan tangguh menunggu Italia di perempatfinal yang bakal berlangsung di Allianz Arena, Munich. Mereka dinanti pemenang duel Belgia vs Portugal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya