Zona Afrika Memanas, Pantai Gading Gagal Tampil di Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Pantai Gading.
Sumber :
  • instagram.com/elephantdecotedivoire

VIVA –  Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika sudah merampungkan putaran kedua. Persaingan keras terjadi dalam perburuan 10 tim yang lolos ke putaran ketiga.

Juara Piala Afrika, Kisah Pantai Gading Mirip Timnas Portugal di EURO 2016

Timnas Pantai Gading yang diperkuat sejumlah pemain Eropa dipastikan gagal melenggang ke Piala Dunia 2022. Les Elephants kalah bersaing dengan Timnas Kamerun dalam persaingan di Grup D.

Pantai Gading sebenarnya memiliki skuad yang lumayan tangguh. Mereka diperkuat Eric Bailly (Manchester United), Franck Kessiue (AC Milan), Nicolas Pepe (Arsenal) dan mesin gol Ajax Amsterdam, Sebastian Haller. Namun, Pantai Gading harus menerima kenyataan gagal lolos ke Piala Dunia untuk kali kedua secara beruntun.

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023
Jadwal Final Piala Afrika 2023, Timnas Pantai Gading Ditantang Nigeria

Pantai Gading harus mengakui keunggulan Kamerun di laga pamungkas Grup D. Mereka takluk 0-1 di Japoma Stadium, 16 November 2021. Gol kemenangan tuan rumah dilesakkan Karl Toko Ekambi di menit 21. Padahal, jika skor imbang, Pantai Gading yang lolos ke putaran ketiga.

Hal ini membuat Kamerun yang memastikan tiket ke putaran ketiga. Mereka memimpin Grup D dengan 15 poin dari lima laga, unggul dua angka dari Pantai Gading. 

10 tim bertarung di putaran ketiga
Hanya juara grup dari masing-masing grup di putaran kedua yang memastikan tiket ke putaran ketiga. Nantinya, 10 tim bakal saling bunuh untuk memperebutkan lima tiket ke Piala Dunia 2022.

Tim-tim yang lolos adalah Aljazair, Tunisia, Nigeria, Kamerun, Mali, Mesir, Ghana, Senegal, Maroko, dan RD Kongo.

Di putaran ketiga nanti, bakal ada lima pertandingan dengan format kandang dan tandang. 10 tim diundi untuk berduel memperebutkan lima tiket ke Qatar. Putaran ketiga zona Afrika dijadwalkan berlangsung Maret 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya