FIFA dan UEFA Larang Timnas Rusia Tampil di Piala Dunia

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennet, bersama Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA FIFA dan UEFA serta beberapa negara yang tergabung dalam Asosiasi Eropa mengatakan akan menolak bermain melawan Rusia seperti Polandia, Swedia dan Ceko, yang merupakan bagian dari undian Play-off Piala Dunia. Selasa 2 Maret 2022.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Seperti dikutip dari Sky Sports FIFA dan UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan dalam situs resminya pada hari senin malam "Menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA,"

"Yang mempertimbangkan adopsi langkah-langkah tambahan, FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, apakah perwakilan nasional tim atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sampai pemberitahuan lebih lanjut."

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Dengan kejadian yang menimpa Rusia, hal ini akan merugikan beberapa klub yang berada di rusia dan yang berada di bawah naungan FIFA "Keputusan ini diadopsi hari ini oleh Biro Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, masing-masing badan pembuat keputusan tertinggi dari kedua institusi mengenai masalah mendesak tersebut."

Presiden FIFA, Gianni Infantino

Photo :
  • FIFA
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Beberapa klub Eropa sudah mulai mengampanyekan untuk pemberhentian perang antara Rusia dengan Ukraina, hal ini akan menyebabkan banyaknya kerugian dari segala aspek salah satunya industri sepak bola

"Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina. Kedua presiden berharap situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang"

Pertandingan babak 16 besar Liga Europa antara Spartak Moscow dan RB Leipzig telah dibatalkan, UEFA mengkonfirmasi pada hari Senin, setelah menangguhkan klub dan tim nasional Rusia dari semua kompetisi.

"Pertandingan Liga Eropa UEFA antara RB Leipzig dan FC Spartak Moskva tidak dapat berlangsung, dan, sebagai akibatnya, RB Leipzig lolos ke perempat final kompetisi," kata UEFA dalam sebuah pernyataan.

Selain itu Rusia juga akan dikeluarkan dari ajang Piala Dunia, FA Inggris telah mengadakan pembicaraan pribadi dengan FIFA dan UEFA untuk mendesak mengeluarkan Timnas Rusia dari Piala Dunia baik itu Timnas Pria ataupun wanita.

Timnas Rusia

Photo :
  • AFP PHOTO/ Kirill KUDRYAVTSEV

Inggris, Skotlandia dan Welsh mengkonfirmasi secara terbuka pada hari Senin, akan menolak bermain melawan rusia dalam ajang apapun, terlepas dari nama apapun yang diubah tetap akan menolak untuk bermain.

Namun FIFA mengumumkan pada hari Minggu bahwa Rusia akan memainkan pertandingan dengan nama "Persatuan Sepak Bola Rusia" hal ini menyebabkan kemarahan di antara banyak otoritas sepak bola Eropa, yang merasa tindakan seperti itu tidak memadai dalam menghadapi agresi Vladimir Putin di Ukraina.

Namun Inggris yang diwakilkan FA, tetap berpegang teguh dan menjelaskan kepada UEFA dan FIFA bahwa pengusiran Rusia dari semua ajang kompetisi Piala Dunia maupun Eropa adalah satu-satunya tindakan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya