Trofi Liga Champions, Nottingham Forest Lebih Hebat dari ManCity

Nottingham Forest juara Liga Champions 1978/79
Sumber :
  • AP Photo

VIVA – Setelah menanti selama 23 tahun, Nottingham Forest akhirnya kembali ke Premier League. The Tricky Trees memasttikan tiket promosi setelah berhasil mengalahkan Huddersfield Town skor 1-0 di Stadion Wembley, Senin 30 Mei 2022.

Ngambek saat Ditarik Keluar, Erling Haaland Disemprot Legenda MU: Anak Manja!

Forest merupakan salah satu tim legendaris di Inggris. Bahkan, mereka sudah dua kali merebut gelar Liga Champions yang dulunya bernama European Cup.

Raihan ini membuat Forest sejajar dengan Chelsea yang sama-sama dua kali juara. Mereka bahkan lebih baik dari Manchester City, Arsenal maupun Tottenham Hotspur yang belum pernah mengangkat trofi "Si Kuping Besar". Forest juara dua musim beruntun pada 1979 dan 1980.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Dilansir The Guardian, Forest menghadapi wakil Jerman, Hamburg SV dalam laga final European Cup di Santiago Bernabeu, Madrid, 28 Mei 1980. Tim besutan Brian Clough menjadi juara dengan meraih kemenangan tipis 1-0.

Hamburg mengawali laga dengan agresif. Mereka memiliki peluang lewat tendangan bebas Felix Magath. Namun, tendangan Magath bisa diamankan kiper Forest, Peter Shilton.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

Memasuki menit 20, Forest berhasil unggul. Gol dilesakkan oleh John Robertson lewat sepakan dari luar kotak penalti.

Gol ini bermula dari umpan satu-dua antara Garry Bitles dan Robertson. Tendangan Robertson mengoyak gawang Hamburg yang dikawal Rudi Kargus.

Nottingham Forest juara Liga Champions 1979/80.

Photo :
  • theguardian.com

Hamburg pun tersengat. Serangan bertubi-tubi dilancarkan mereka ke gawang Forest.

Namun, Forest tampil brilian dalam bertahan. Duet Larry Llyod dan Kenny Burns membuat para pemain Hamburg frustrasi.

Hingga wasit asal Portugal, Antonio Garrido meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan tercipta. Forest mencatat sejarah dengan back-to-back atau menjuarai Liga Champions secara beruntun.

Forest mencatat sejarah yang unik. Mereka menjadi tim dengan gelar Liga Champions lebih banyak dibandingkan liga domestik. Forest baru sekali juara Liga Inggris di musim 1977/78.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya