16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Pemain Manchester City rayakan gol Bernardo Silva
Sumber :
  • Photo/Ian Walton

JakartaLiga Champions musim ini belum berakhir. Namun, ternyata sudah ada 16 klub yang memastikan tiket ke Liga Champions musim 2024/25 mendatang.

Bagaimana Jadi Xabi Alonso Setelah Bayer Leverkusen Tak Pernah Kalah 49 Pertandingan

Empat semifinalis Liga Champions musim ini sudah memastikan tiket ke event ini musim depan. Borussia Dortmund, PSG, Bayern Munich dan Real Madrid bakal kembali bersaing.

Dari Bundesliga, lima tim sudah memastikan diri lolos. Selain Dortmund dan Bayern, ada tiga tim lain yang juga sudah memastikan tiket.

AS Roma Kena Prank, De Rossi Akui Keganasan Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga 2023/2024

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Ada sang juara musim ini Bayer Leverkusen, RB Leipzig dan VfB Stuttgart.

Bikin Timnas Indonesia U-23 2 Kali Dihukum Penalti, Algassime Bah Ungkap Isi Hatinya

Jerman memang mendapatkan kuota tambahan sehingga mengirimkan lima wakil ke Liga Champions musim depan. Selain Bundesliga, Serie A juga bisa mengirimkan lima wakil.

Namun, baru ada dua klub yang memastikan tiket dari Italia. Yakni sang peraih Scudetto Inter Milan dan tetangganya AC Milan.

Dari LaLiga, ada tiga klub yang sudah pasti lolos. Selain Real Madrid dan Barcelona, ada Girona yang bakal melakoni debut di Liga Champions.

Format Baru

Liga Champions akan mengalami perubahan format besar-besaran mulai musim 2024/25 mendatang. Format baru ini akan membuat lebih banyak pertandingan.

Yang pertama, dilansir situs resmi UEFA, adalah mengenai jumlah peserta. Bakal ada empat peserta tambahan. Jika biasanya diikuti 32 tim, mulai musim depan diikuti 36 tim.

Biasanya, 32 tim di Liga Champions dibagi dalam delapan grup. Nantinya, 36 tim akan bertanding dalam satu grup saja atau dikenal sebagai League Phase.

Setiap tim bakal bertanding delapan pertandingan di League Phase dan akan menghadapi delapan tim berbeda, empat pertandingan tersebut bakal menjadi laga kandang, dan empat sisanya bakal tandang.

Setelah League Phase berakhir dan klasemen akhir diketahui, maka Liga Champions akan berlanjut ke babak gugur, dengan tim peringkat pertama sampai kedelapan bakal otomatis lolos.

Sedangkan tim peringkat sembilan hingga 24 bakal melakoni babak play off untuk berebut delapan tiket tersisa ke babak 16 besar dengan format dua leg.

Berikut daftar tim yang sudah memastikan tiket ke Liga Champions musim depan:

1. Manchester City
2. Bayern Munich
3. Real Madrid
4. PSG
5. Liverpool
6. Inter Milan
7. RB Leipzig
8. Borussia Dortmund
9. Barcelona
10. Bayer Leverkusen
11. Arsenal
12. AC Milan
13. Feyenoord
14. PSV Eindhoven
15. VfB Stuttgart
16. Girona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya