Ragam Statistik Putaran Pertama J League 2022

Vissel Kobe di J League 2022
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – J League 2022 telah memasuki pertengahan musim. Para kontestan telah memainkan 17 pertandingan, kecuali Sanfrecce Hiroshima dan Gamba Osaka karena mengalami penundaan.

Justin Hubner Turut Andil dalam Kemenangan Cerezo Osaka Atas Morioka

Putaran kedua pun akan dimulai. Fase yang amat penting bagi seluruh tim untuk bisa mendapatkan hasil terbaik di musim ini.

Pada paruh pertama J League 2022, yang berhasil memuncaki klasemen adalah Yokohama F. Marinos. Mereka telah membukukan 34 angka.

Justin Hubner Cetak Sejarah, Ragnar Oratmangoen Bernasib Tragis

10 kemenangan, empat kali imbang, dan tiga kali kalah jadi catatan Yokohama F. Marinos. Mereka telah mencetak 32 gol ke gawang lawan dan kebobolan 18 kali.

Hasil ini terbilang bagus bagi Yokohama F. Marinos. Sebab, kehilangan Daizen Maeda yang hengkang ke Celtic FC Skotlandia tak memberi dampak negatif.

Justin Hubner Pilih Cerezo Osaka, Jangan Remehkan Liga Jepang

Akan tetapi, Yokohama F. Marinos tidak bisa bersantai begitu saja. Mereka mendapat persaingan yang ketat dari Khasima Antlers dan Kawasaki Frontale dengan selisih cuma satu poin.

Kawasaki Frontale di J League 2022

Photo :
  • Dok. J League

Kashima Antlers dan Kawasaki Frontale sama-sama membukukan 33 poin hasil dari 10 kemenangan, tiga imbang, dan empat kali kalah. Bedanya antara kedua tim cuma selisih gol yang juga tipis.

Kashima Antlers adalah tim paling sukses sepanjang sejarah J League. Rekam jejak yang membuat mental para pemainnya kuat. Karena itulah mereka takkan berhenti untuk menguntit Yokohama F. Marinos.

Dari sisi Kawasaki Frontale, empat kali juara dalam lima musim terakhir J League jadi suntikan semangat. Mereka tentu sangat ingin untuk meneruskan tren positif.

Hasil tak memuaskan justru ada di Vissel Kobe. Tim yang diperkuat oleh Andres Iniesta tersebut ada di posisi paling bawah pada paruh pertama musim ini.

Mereka baru membukukan 11 poin. Baru dua kemenangan yang bisa didapat. Sisanya adalah lima kali imbang dan 10 kekalahan.

Pergantian pelatih sudah dilakukan oleh Vissel Kobe. Pada 20 Maret 2022 mereka memecat Atsuhiro Miura dan digantikan juru taktik asal Spanyol, Miguel Angel Lotina.

Kompetisi kasta tertinggi Jepang ini juga memiliki statistik menarik dari sisi perolehan kartu. Hokkaido Consadole Sapporo, Kashiwa Reysol, dan Kyoto Sanga telah mengoleksi 24 kartu kuning, atau jadi yang tertinggi.

Lalu ada empat tim dengan catatan kartu merah tertinggi. Shonan Bellmare, Yokohama F. Marinos, Urawa Red Diamonds, dan Hokkaido Consadole Sapporo telah mendapatkannya sebanyak empat kali.

Pencetak gol terbanyak J League sejauh ini adalah pemain Kashima Antlers, Ayase Ueda. Dia telah mengemas 10 gol. Diikuti oleh Peter Utaka dari Kyoto Sanga dengan delapan gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya