Tuan Rumah Piala Dunia, Ini Sejarah Perjalanan Sepak Bola Qatar dari Waktu ke Waktu

Qatar vs Chile
Sumber :
  • twitter.com/QFA_EN

VIVA Bola – Tanggal 20 November 2022 akan menjadi hari sejarah bagi sepak bola Qatar. Tim sepak bola Qatar akan melakukan debut Piala Dunia sebagai tuan rumah turnamen, menghadapi Ekuador di Stadion Al Bayt untuk menandai pembukaan Piala Dunia 2022.

Dianggap Merugikan Israel, Netanyahu Bredel Kantor Berita Al Jazeera

Dalam perjalanan sepak bolanya, Qatar telah berada di posisi atas dalam beberapa tahun terakhir. Berikut adalah garis waktu yang melacak perjalanan tim sepak bola Qatar dan bagaimana ia memantapkan dirinya di piramida sepak bola Asia saat ini:

Logo Piala Dunia 2022 Qatar

Photo :
  • www.sportskeeda.com
Delegasi Hamas Bakal Kunjungi Mesir, Bahas Gencatan Senjata di Jalur Gaza

1960 – Qatar Football Association (QFA) dibentuk. Tiga tahun kemudian menjadi anggota resmi FIFA.

1970 - Tim nasional Qatar memainkan pertandingan resmi pertamanya melawan Bahrain di Piala Teluk yang berlangsung dalam dua tahu sekali, kalah 2-1.

Indonesia to Face Guinea in the 2024 Paris Olympics Playoffs

1972 - QFA meluncurkan liga sepak bola Qatar.

1974 - Qatar memenangkan pertandingan internasional pertama mereka, mengalahkan Oman 4-0 di pertandingan grup kedua Piala Teluk. Qatar finis ketiga dalam turnamen enam tim.

1975 - The Maroon ambil bagian dalam kualifikasi Piala Asia tetapi gagal lolos ke turnamen.

1977 - Qatar mengalahkan Bahrain pada debut kualifikasi Piala Dunia tetapi finis ketiga dan gagal keluar dari grup.

1980 - Dikelola oleh mantan pemain sayap Barcelona dan Brasil Evaristo, Qatar membuat penampilan pertamanya di Piala Asia.

1984 - Tim mencapai final Piala Teluk untuk pertama kalinya tetapi kalah 4-3 dari Irak melalui adu penalti.

1992 - Qatar lolos ke Olimpiade Musim Panas, di mana mereka mengalahkan Mesir dan menahan imbang Kolombia. Pada tahun yang sama, tim memenangkan Piala Teluk pertamanya, memenangkan empat dari lima pertandingannya di turnamen.

Qatar vs Chile

Photo :
  • twitter.com/QFA_EN

1997 - Qatar lolos ke babak final kualifikasi Piala Dunia 1998 tetapi gagal lolos setelah kalah dari Arab Saudi di pertandingan terakhir. Sebuah kemenangan akan mengamankan tempat di Prancis 1998.

2004 – Menangkan Piala Teluk kedua, kali ini sebagai tuan rumah.

2006 - Qatar memenangkan emas Asian Games pertama mereka, mengalahkan Irak di final.

2014 – Tahun manidi sepak bola Qatar karena tim hanya kalah satu pertandingan sepanjang tahun dan memenangkan Federasi Sepak Bola Asia Barat dan kejuaraan Piala Teluk.

Striker Timnas Qatar, Almoez Ali.

Photo :
  • instagram.com/goldcup

2019 – Melawan segala rintangan, Qatar memenangkan Piala Asia untuk pertama kalinya. Dalam perjalanan menuju gelar, Qatar mengalahkan Korea Selatan di perempat final dan juara empat kali Jepang di final. Mereka hanya kebobolan satu gol di seluruh turnamen. Pada tahun yang sama, Qatar diundang untuk bermain di Copa America di mana, setelah bermain imbang 2-2 yang mengesankan melawan Paraguay, Qatar kalah dalam dua pertandingan berikutnya dan finis di posisi terbawah grup.

2021 – Tim diundang untuk bermain di Piala Emas CONCACAF, di mana ia mencapai semi-final sebelum kalah 1-0 dari tuan rumah AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya