5 Rekor Sepanjang Sejarah J League

Yoshito Okubo
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – Kompetisi sepakbola Jepang, J League telah bergulir selama 29 musim. Banyak rekor yang sudah tercipta sepanjang perjalanannya. Dimulai sejak 1993, kompetisi ini memang kerap memunculkan sejumlah catatan menarik.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Dari semua rekor yang telah tercipta sejauh ini, setidaknya ada lima yang kemungkinan sulit untuk dilampaui. Berikut kami sajikan daftarnya;

1. Gol Terbanyak

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Yoshito Okubo

Photo :
  • Dok. J League

Pemain yang memiliki catatan gol terbanyak sepanjang sejarah J League adalah Yoshito Okubo. Total dia mencetak 191 gol dalam 477 penampilan di kompetisi kasta tertinggi Jepang.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Okubo memulai karier sepakbolanya dari Cerezo Osaka pada 2001. Dia direkrut dari SMA Kunimi. Dari sana dia lalu bermain untuk sejumlah tim, seperti Vissel Kobe, Kawasaki Frontale, F.C. Tokyo, hingga Jubilo Iwata.

Berkat penampilan apiknya selama di Jepang, tim-tim Eropa turut melirik Okubo. Dia pernah bermain di LaLiga bersama Real Mallorca, dan Vfl Wolfsburg di Bundesliga.

Sampai saat ini, tersisa tiga pemain yang masih aktif di J League dengan catatan di atas 100 gol. Namun, semuanya masih berjarak jauh dengan Okubo.

2. Gol Terbanyak dalam Semusim

Selanjutnya ada rekor gol terbanyak dalam semusim J League. Rekor itu dipegang oleh Masashi Nakayama yang mencatatkan 36 gol di J League musim 1998 bersama Jubilo Iwata.

Tidak mudah untuk mencetak banyak gol dalam semusim J League. Satu-satunya yang mampu mendekati catatan Nakayama adalah pemain asal Brasil, Araujo.

Pada musim 2005, Araujo bermain untuk Gamba Osaka. Dia mencatatkan 30 gol dalam semusim J League berlangsung.

3. Pemain dan Pencetak Gol Termuda

Pemain yang tercatat sebagai yang termuda di J League saat ini dipegang oleh Takayuki Morimoto. Dia melakukan debut untuk Tokyo Verdy pada 2004 dengan usia Morimoto masih 15 tahun 10 bulan dan enam hari.

Morimoto juga tercatat sebagai pencetak gol termuda di J League. Dia melakukan itu ketika Tokyo Verdy menghadapi JEF United Ichihara. Tercatat usianya adalah 15 tahun 11 bulan dan 28 hari.

4. Gol dan Hattrick Tercepat

Di J League juga memiliki rekor gol dan hattrick tercepat. Hisato Sato berhasil mencetak gol untuk Sanfrecce Hiroshima ketika pertandingan melawan Cerezo Osaka baru berjalan delapan tdetik.

Sedangkan untuk hattrick tercepat, yang memegang rekornya adalah Yasuo Manaka. Dia mampu mencetak gol dalam kurun waktu tiga menit.

Gol tersebut diciptakan oleh Manaka ketika membela Cerezo Osaka. Timnya bermain melawan Kashiwa Reysol pada 14 Juli 2001 lalu.

5. Gol Terbanyak dalam Pertandingan

Rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan J League tercipta pada 8 Agustus 1998. Adalah pertandingan antara Cerezo Osaka vs Kashiwa Reysol yang menciptakannya.

Cerezo Osaka mencetak lima gol ke gawang lawan. Meski begitu, mereka tetap tak bisa menang, karena Kashiwa Reysol mencetak tujuh gol.

Total ada 12 gol yang tercipta dalam pertandingan tersebut. Sampai saat ini, belum ada pertandingan J League yang mampu menyamainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya