Kisah Jersey Kuning Timnas Brasil, Punya Hubungan Erat dengan Uruguay

Legenda timnas Brasil, Cafu
Legenda timnas Brasil, Cafu
Sumber :
  • (Foto: Antonio Scorza/AFP)

VIVA Bola – Timnas Brasil identik dengan jersey berwarna kuning mencolok yang kerap mereka kenakan di Piala Dunia. Ternyata jersey kuning tersebut adalah pengganti jersey putih yang sebelumnya mereka kenakan di Piala Dunia 1950.

Dikutip dari BBC, Kamis 24 November 2022. Mulanya, Timnas Brasil menjadikan jersey serba putih sebagai kostum kebanggaan. Namun, semua harus berubah ketika mereka dikalahkan oleh Timnas Uruguay dalam laga final Piala Dunia 1950 di Stadion Maracana.

Penyerang Timnas Brasil, dan Tottenham, Richarlison

Penyerang Timnas Brasil, dan Tottenham, Richarlison

Photo :
  • twitter.com/FIFAWorldCup

Kekalahan di final tersebut menyisakan trauma mendalam hingga melahirkan krisis identitas nasional di sana. Hal ini dianggap lumrah mengingat negara yang banyak menciptakan pesepak bola hebat itu memperlakukan sepak bola layaknya agama.

Mengadakan perlombaan tahun 1953

Pemerintahan Brasil saat itu kemudian mengadakan perlombaan merancang sebuah jersey untuk tim kebanggan mereka, mengingat jersey serba putih tersebut sudah dianggap sebagai pembawa sial dan tak layak lagi digunakan.

Salah-satu syarat utama rancangan kostum itu adalah harus memiliki warna sesuai dengan bendera nasional Brasil, yaitu hijau, kuning, biru dan putih. Hal ini ditekankan panitia agar para pemain memiliki rasa kebanggaan dan semangat untuk membela bangsa dan negara.

Halaman Selanjutnya
img_title