Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022: Belanda-Senegal Paksa Ekuador-Qatar Angkat Koper

Cody Gakpo (Kanan). Hasil Duel Senegal vs Belanda
Sumber :
  • Twitter: OnsOranje

VIVA Bola – Tuntas sudah seluruh pertandingan di Grup A Piala Dunia 2022. Dua tim telah memastikan diri untuk melaju ke fase gugur, yakni Timnas Belanda dan Timnas Senegal.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Kedua negara tersebut menjadi wakil dari Grup A di babak 16 besar. Mereka menyingkirkan Timnas Ekuador dan Timnas Qatar.

Kepastian dua tim yang lolos dari Grup A baru bisa didapat di laga terakhir. Sebab, masih ada tiga tim yang bersaing untuk mendapatkan tiket ke fase knockout, yaitu Belanda, Senegal, dan Ekuador.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Timnas Belanda merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Lee Jin-man

Khusus untuk Qatar, mereka sudah dipastikan tersingkir di laga kedua.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Pada laga tadi, Belanda mendapatkan jatah lolos ke babak perdelapan final setelah menaklukkan Qatar 2-0 di Al Bayt Stadium, Selasa 29 November 2022.

Di kubu De Oranje, Cody Gakpo dan Frenkie de Jong muncul sebagai pahlawan tim berkat sumbangan golnya di laga tersebut.

Sementara, di waktu yang sama, laga dramatis terjadi di Khalifa International Stadium ketika Senegal mengalahkan Ekuador.

Singa Teranga mencetak gol lebih dulu dari penalti Ismaila Sarr sebelum disamakan oleh Moises Caicedo. Tapi, Dewi Fortuna berpihak pada Senegal lantaran hanya berjarak tiga menit, mereka mampu membalikkan keadaan dari gol Kalidou Koulibaly.

Timnas Senegal merayakan gol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Francisco Seco

Hasil ini membuat Belanda dan Senegal berhak mewakili Grup A ke babak 16 besar. Pasukan Louis van Gaal jadi pemuncak klasemen dengan 7 poin, disusul Senegal dengan 6 poin.

Ekuador harus menelan pil pahit lantaran terpaksa angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2022 setelah finis di posisi ketiga dengan 4 poin dan Qatar sebagai juru kunci setelah tak mampu memetik satu poin pun sepanjang fase grup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya