Kanada Vs Maroko, Demi Kebanggaan Afrika di Piala Dunia 2022

Bek Timnas Maroko, Achraf Hakimi, menghampiri ibunya usai pertandingan vs Timnas Belgia
Sumber :
  • AP Photo/Christophe Ena

VIVA Bola – Kanada vs Maroko berhadapan dalam laga pamungkas Grup F Piala Dunia 2022. Duel ini berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar pada Kamis malam WIB 1 Desember 2022.

Disiram Air Keras, Faisal Halim Sempat Bikin Gol Terbaik di Piala Asia 2023

Timnas Maroko cuma butuh hasil imbang untuk memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Target yang terbilang ringan, mengingat Timnas Kanada sudah tak punya peluang lagi.

Sedangkan dua tim lainnya dari Grup F adalah Kroasia dan Belgia. Mereka akan berhadapan pada saat bersamaan.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Pertandingan antara Timnas Maroko vs Kroasia di Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Themba Hadebe

Sementara ini, Kroasia yang memimpin klasemen Grup F dengan empat poin dan selisih gol surplus tiga. Sementara Maroko yang punya poin sama, tapi kalah selisih gol ada di urutan kedua.

Real Madrid Juara LaLiga 2023/24

Belgia yang ada di tempat ketiga klasemen Grup F memiliki tiga poin. Jika ingin lolos ke babak 16 besar, mereka harus bisa mengalahkan Kroasia.

Situasi ini setidaknya menguntungkan bagi Maroko. Pelatih Walid Regragui tak ingin momentum bagus ini disia-siakan oleh anak asuhnya.

Timnas Maroko merayakan kemenangan atas Timnas Belgia di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Christophe Ena

Baginya, para pemain Maroko harus melihat laga melawan Kanada sebagai final. Karena bisa jadi, lawan yang sudah tak punya beban, malah bermain mengejutkan.

"Ini akan seperti bermain di final. Kanada tidak akan rugi. Mereka sudah tersingkir, dan terserah kepada mereka untuk menegakkan kepala," kata Regragui, dikutip dari ESPN.

Sang juru taktik memastikan anak asuhnya akan fokus penuh sepanjang pertandingan. Tak boleh ada kelengahan yang malah nantinya membuyarkan impian mereka.

"Kami termotivasi dan kami tahu selama wasit tidak meniup peluit, kami belum lolos atau mencapai apa pun," tutur Regragui.

"Yang paling penting adalah setiap pertandingan bisa melaju ke babak selanjutnya. Kami berhgarap bisa mengibarkan bendera sepakbola Afrika setinggi-tingginya."

Sejauh ini, baru Senegal yang jadi wakil Afrika bisa lolos ke babak 16 besar. Mereka menjadi runner up Grup A Piala Dunia 2022.

Wakil Afrika lainnya, Tunisia sayangnya gagal melangkah ke babak 16 besar. Mereka mengakhiri perjalanan di urutan ketiga klasemen Grup D, meski pada laga terakhir menang 1-0 atas Prancis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya