Timnas Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Olivier Bierhoff: Memalukan

Reaksi pemain Timnas Jerman setelah dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022
Sumber :
  • AP Photo | Martin Meissner

VIVA Bola – Timnas Jerman dipastikan angkat kaki dari Piala Dunia 2022 Qatar setelah gagal di penyisihan Grup E. ini merupakan kegagalan mereka di fase penyisihan grup secara beruntun, setelah mengalami nasib serupa di Piala Dunia 2018.

Dianggap Merugikan Israel, Netanyahu Bredel Kantor Berita Al Jazeera

Sontak hasil ‘memalukan’ ini memantik amarah legenda tim nasional mereka, Olivier Bierhoff. Bierhoff yang kini juga menjabat sebagai direktur pelaksana Timnas Jerman mengaku kecewa atas hasil yang diraih oleh Der Panzer di Qatar, dia tak menyangka Jerman kembali tersisih di babak fase grup.

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan
Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

"Kami sangat kecewa. Kami juga sangat marah karena kami memiliki banyak hal di tangan kami sendiri di ketiga pertandingan. Namun, justru hasil pahit yang kami dapatkan," ujar Bierhoff dikutip dari laman FotMob, Jumat 2 Desember 2022

Diketahui meski berhasil meraih kemenangan 4-2 atas Kosta Rika di penyisihan Grup E, anak asuh Hansi Flick tetap gagal lolos ke babak 16 besar akibat kalah selisih gol atas Timnas Spanyol di posisi runner-up.

Delegasi Hamas Bakal Kunjungi Mesir, Bahas Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Kegagalan Der Panzer dalam dua laga awal menjadi asbab mengapa mereka gagal melaju ke 16 besar. Menurut Bierhoff, Timnas jerman terlalu banyak membuang-buang peluang serta kebobolan tidak penting.

"Pada akhirnya, sepakbola adalah permainan sederhana. Anda harus mencetak banyak gol dan kebobolan sesedikit mungkin, itu yang tidak berhasil kami lakukan," ujar pria 54 tahun itu, kesal

Drama enam gol di Al Bayt

Drama enam gol terjadi di Al Bayt Stadium. Armada Hansi Flick unggul 1-0 di babak pertama. Menit 10, Jerman berhasil unggul. Sundulan Serge Gnabry bersarang di gawang Kosta Rika yang dikawal Keylor Navas.

Kosta Rika menyamakan kedudukan di menit 58 lewat skema serangan balik cepat.  Awalnya, sundulan Kendall Waston ditepis Neuer. Namun, bola liar disambar Yeltsin Tejeda menjadi gol.

Kosta Rika berbalik unggul di menit 70. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Juan Pablo Vargas mengoyak gawang Der Panzer yang dikawal Manuel Neuer. Jerman menjaga asa di menit 73. Armada Hansi Flick menyamakan kedudukan lewat sontekan Kai Havertz.

Kesedihan suporter Timnas Jerman usai tersingkir dari Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo | Hassan Ammar

Penyelamatan gemilang dibuat kiper Kosta Rika Keylor Navas di menit 76. Dia menggagalkan tendangan tepat sasaran dari Niclas Fuellkrug. Pertandingan semakin seru. Jerman mampu berbalik unggul di menit 85. Kai Havertz mencetak gol keduanya.

Memasuki menit 89, Jerman menambah gol. Kali ini, Niclas Fuelkrug yang mencatatkan namanya di papan skor. Skor 4-2 untuk kemenangan Jerman bertahan hingga usai. Sayang, meski menang Jerman harus tersisih.

Mereka menempati posisi ketiga Grup E dengan empat poin kalah selisih gol dari Spanyol yang mengumpulkan poin sama. Jepang secara luar biasa keluar sebagai juara grup usai menekuk Spanyol 2-1. Jepang menorehkan enam poin dari tiga laga.

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Eugene Hoshiko
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya