Asal-usul Nama Desa Maroko yang Viral karena Piala Dunia 2022

Kantor Desa Maroko, Kecamatan Cibalong, Garut
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA Bola – Desa Maroko yang terletak di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut Jawa Barat mendadak viral, karena nama desa tersebut sama dengan nama negara peserta pada Piala Dunia 2022.

Trofi Bola Emas Maradona di Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko Akan Dilelang

Viralnya ini tak lepas dari keberhasilan Timnas Maroko melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. Mereka mengejutkan dengan mengalahkan Timnas Spanyol melalui adu penalti.

Walaupun penyelenggaraan Piala Dunia 2022 digelar jauh di Qatar, namun karena kecintaan masyarakat Indonesia umumnya dan Kabupaten Garut khususnya untuk olahraga sepakbola terasa hingga ke pelosok daerah.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut

Puskesmas Maroko

Photo :
  • VIVA/Diki Hidayat

"Ya disini juga sebagian besar pemuda kebetulan cinta bola, jadi saat perhelatan piala dunia mereka menonton" ujar Kepala Desa Maroko, Suryana, Rabu 7 Desember 2022.

Polisi Ungkap Kejadian Saat Suami Tawarkan Potongan Tubuh Mutilasi Istrinya ke Warga di Ciamis

Diakuinya Desa Maroko mendadak viral karena saat ini Hakim Ziyech dan kawan-kawan bermain hebat. Sehingga mayoritas warga ikut gembira karena nama desanya sama.

Selebrasi Timnas Maroko usai kalahkan Spanyol

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

"Iya sekarang Desa Maroko mulai dikenal orang-orang, mungkin karena Timnas Maroko lagi bagus di Piala Dunia," ungkap Suryana.

Lanjut Suryana, Desa Maroko berada daerah terpencil di antara Kecamatan Peundeuy dan Kecamatan Cibalong (Desa Maroko masuk wilayah Kecamatan Peundeuy). Desa berpenduduk 5.980 jiwa tersebut mayoritas penyuka sepakbola.

"Apalagi anak-anak muda, kami punya tim sepakbola yang kerap ikut dalam berbagai even sepakbola di Garut," ucapnya.

Sementara Itu, Desa Maroko sendiri dulu berasal dari nama Kampung yaitu Kampung Maroko. Suryana menjelaskan bahwa penamaan Maroko sendiri menurut cerita orang tua karena kepala Desa Maroko pertama berasal dari Maroko pada tahun 1964.

"Informasinya nama kepala Desa Maroko pertama berasal dari Maroko, entah keturunan atau memang orang Maroko," ungkap Suryana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya