Sergio Busquets Tinggalkan Kesan Mendalam di Timnas Spanyol

Sergio Busquets bersama Timnas Spanyol
Sumber :
  • AP Photo/Julio Cortez

VIVA Bola – Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales mengucapkan terima kasih kepada Sergio Busquets. Pemain yang pada Jumat malam WIB 16 Desember 2022 memutuskan pensiun dari Timnas Spanyol.

Ilaix Moriba, Eks Barcelona yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia U-23

Sejak debut bersama Spanyol pada 2009, telah banyak pertandingan yang dilalui Busquets. Dia memilih untuk mengakhirinya sekarang, usai tampil di Piala Dunia 2022.

Busquets adalah kapten Spanyol di Piala Dunia 2022. Sayangnya skuad asuhan Luis Enrique terhenti di babak 16 besar usai kalah mengejutkan dari Maroko.

Pelatih yang Bawa Timnas Argentina Juara Piala Dunia Meninggal

Kapten Timnas Spanyol, Sergio Busquets sedih usai timnya didepak Maroko.

Photo :
  • AP Photo

Pensiun pada usia 34 tahun, peran Busquets dalam skuad Spanyol amat penting. Rubiales menganggap gelandang asal klub Barcelona itu adalah ikon dalam tim.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Juara, Girona Lolos ke Liga Champions

"Sergio Busquets adalah sosok ikon dalam sepakbola Spanyol. Seorang atlet teladan, seorang profesional yang sempurna dan seorang pemimpin yang tak terbantahkan," kata Rubiales, dikutip dari laman resmi federasi.

Rubiales memiliki kesan tersendiri kepada Busquets. Karena sudah lama mereka saling kenal, dan hubungan dengan keluarga begitu erat.

Maroko vs Spanyol di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

"Saya sudah mengenal Sergio dan keluarganya sejak dia berusia 11 tahun, ketika saya berbagi ruang ganti dengan ayahnya di Lleida. Saya dipersatukan oleh persahabatan yang erat dengan orang tuanya," tuturnya.

Dari penglihatan Rubiales, sosok Busquets adalah pemimpin yang pendiam. Dia memiliki ketenangan, sehingga banyak dikagumi orang.

Selama menjadi bagian dari skuad Spanyol, Busquets pernah merasakan gelar juara. Pertama pada Piala Dunia 2010, dan selanjutnya di EURO 2012.

"Sergio adalah pemimpin yang pendiam, tenang, dan dikagumi oleh semua orang karena kerendahan hati dan kealamiannya," ujar Rubiales.

"Juara segalanya, dia telah menggambar lintasan besar yang sudah ada dalam sejarah sepakbola. Tapi ada pertanyaan yang lebih penting, profil manusianya. Sergio juga tidak terkalahkan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya