5 Pesepakbola Top yang Absen di Piala AFF 2022, Ada 2 dari Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh.
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Piala AFF 2022 sudah dimulai kemarin, Selasa, 20 Desember 2022. Tentunya, sejumlah tim sudah mempersiapkan skuad terbaiknya demi meraih satu tujuan, menjadi juara di turnamen sepakbola bergengsi se-Asia Tenggara.

Insiden Air Keras Faisal Halim, Pelaku Bisa Dipenjara 20 Tahun dan Hukum Cambuk

Meski demikian, ada beberapa negara yang tidak diperkuat pesepakbola bintangnya berlaga di Piala AFF 2022 dengan alasan tertentu. Lantas, siapa saja pemain top yang absen di Piala AFF 2022?

1. Chanathip Songkrasin (Thailand)

Rizky Ridho Absen, 3 Pemain Ini OTW Paris Perkuat Timnas Indonesia U-23

Bintang Hokkaido Consadole Sapporo dan Timnas Thailand, Chanatip Songkrasin

Photo :
  • Twitter/@consaofficial

Chanatip Songkrasin, salah satu pemain andalan Thailan. Di Piala AFF 2020, gelandang serang 29 tahun ini jadi mimpi buruk Timnas Indonesia.

Ada 3 Negara Guinea di Benua Afrika, Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea yang Mana?

Pasalnya, Chanathip Songkrasin membuat skuad mental Garuda hancur usai dibekuk 0-4 oleh Thailand di final leg I Piala AFF 2020. Namun, tahun ini Chanathip Songkrasin disebutkan bakal absen.

Adapun alasan terbesarnya, pemain Kawasaki Frontale ini lebih membutuhkan istirahat. Sebab, ia sempat dibekap cedera beberapa waktu terakhir.

2. Ikhsan Fandi (Singapura)

Ikhsan Fandi

Photo :
  • instagram

Selanjutnya ada Ikhsan Fandi, salah satu daya gedor Timnas Singapura. Langganan menjadi top skor Singapura, membuat Ikhsan Fandi selalu jadi andalan.

Namun sayangnya, di Piala AFF 2022, Ikhsan Fandi harus absen membela negaranya. Pasalnya, kabar terakhir menyebut pemain 23 tahun ini tengah dibekap cedera. Hal itu mengganggu persiapan Ikhsan Fandi untuk membela Singapura.

Alhasil, Takayuki Nishigaya sebagai pelatih Singapura harus memutar otak lagi mencari pengganti Ikhsan Fandi. Terlebih Singapura harus berjibaku di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Laos

3. Elkan Baggot (Indonesia)

Elkan Baggott bermain untuk Gillingham FC

Photo :
  • twitter.com/TheGillsFC

Kemudian ada Elkan Baggott merupakan bek tangguh Timnas Indonesia. Di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong harus mencari cara untuk menambal kesedihan yang ditinggalkan Elkan Baggott.

Pasalnya, pihak klub, Gillingham FC masih memerlukan jasanya di tanah Inggris. Akan tetapi, skuad Garuda sebenarnya punya beberapa opsi pemain, yang bisa menambal posisi Elkan Baggott. Salah satunya adalah bek Timnas Indonesia U-20, Muhammad Ferrari yang sedang on fire.

4. Dion Cool (Malaysia)

Dion Cools

Photo :
  • instagram

Tak jauh beda dari Elkan Baggott, Timnas Malaysia juga akan kehilangan satu pilarnya yaitu Dion Cools. Ya, bek 26 tahun itu bakal absen di Piala AFF 2022 lantaran masih harus membela klubnya, FK Jablonec, yang mentas di Liga Republik Ceko.

Kehilangan Dion Cools sedikit berpengaruh dengan keseimbangan lini bertahan Malaysia. Apalagi Dion Cools sendiri syarat akan pengalaman di kancah Eropa.

5. Sandy Walsh (Indonesia)

Pemain SV Zulte-Waregem, Sandy Walsh

Photo :
  • instagram/@sandywalsh

Selain Elkan Baggott, Timnas Indonesia juga tidak akan diperkuat salah satu pemain naturalisasinya, yaitu Sandy Walsh. Sebab, pemain yang kini berusia 27 tahun itu harus kembali ke Belgia, membela KV Mechelen.

Hal itu cukup disayangkan. Pasalnya, kiprahnya sangat dinanti pecinta sepakbola Tanah Air. Terlebih, Sandy Walsh merupakan pemain yang baru dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) bersama Jordi Amat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya