Pele Meninggal Dunia, Presiden Brasil Umumkan Hari Berkabung Nasional

Legenda sepakbola Brasil, Pele
Sumber :
  • Instagram: Pele

VIVA Bola – Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan hari berkabung nasional sejak kepergian legenda sepakbola Pele hingga tiga hari kedepan. Hal itu diumumkan dalam sebuah dekrit yang diterbitkan dalam edisi tambahan surat kabar pemerintah yang ditandatangani oleh Jail.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Jail menyebut, Pele merupakan pemain terhebat sepanjang masa dan merupakan salah satu tokoh yang membuat nama Brasil dikenal luas di seluruh dunia.

“Pele mengubah sepakbola menjadi kebahagiaan,” tulis Jair Bolsonaro dikutip dari AFP, Jumat 30 Desember 2022.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Presiden Brasil, Jair M Bolsonaro

Photo :
  • Twitter.com/@jairbolsonaro

Diketahui, Pele meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis 29 Desember 2022 (Jumat dini hari WIB). Pihak rumah sakit melaporkan, Pele menghembuskan nafas terakhir pada pukul 15.27 waktu setempat.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Disebutkan, Pele meninggal dunia akibat kegagalan organ serta perkembangan kanker usus besar yang telah ditemukan sejak September 2021 lalu. Meski telah dilakukan berbagai kemoterapi, langkah itu tetap tidak membuahkan hasil.

Dihimpun dari laporan Marca, menurut laporan medis baru-baru ini, ditemui komplikasi ginjal dan jantung di tubuh Pele yang mengakibatkan para wartawan berspekulasi ini juga merupakan penyebab kematiannya.

Meski demikian, penyebab resmi kematian Pele masih belum diketahui. Namun seperti disebutkan di atas, untuk saat ini diketahui bahwa hal itu disebabkan komplikasi kanker usus besar atau kanker kolon yang telah dideritanya selama setahun.

Lebih lanjut, berdasarkan laman People, Rumah Sakit Albert Einstein mengatakan bahwa dokter terpaksa meningkatkan perawatannya karena Pele mengalami disfungsi ginjal dan jantung terkait dengan kondisi kanker usus besar, Associated Press melaporkan.

Pele Mantan pemain Timnas Brasil

Photo :
  • Wikimedia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya