Deretan Derby yang Tersaji di J League 2023

Derby J League 2023
Sumber :
  • Dok. J League

VIVA Bola – Derby menjadi pertandingan yang ditunggu dalam sepakbola. Di J League, terdapat beberapa pertemuan tim yang memiliki basis sama, dan atmosfernya sangat menarik.

Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Pada J League 2023, derby tersaji dalam tiga bagian. Mulai dari Derby Kyushu, Keihanshin, hingga Greater Tokyo Area. Berikut kami sajikan informasi lebih lengkapnya.

Derby Kyushu

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Derby

Photo :
  • 1486731

Kyushu merupakan pulau terbesar ketiga di Jepang. Letaknya di bagian paling selatan antara pulau-pulau utama di Negeri Sakura. Di J League 2023, ada dua klub yang berasal dari sana, yakni Avispa Fukuoka dan Sagan Tosu,

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Avispa berasal dari Prefektur Fukuoka. Sementara Sagan Tosu adalah wakil Prefektur Saga. Kandang kedua tim cuma berjarak 30 kilometer. Biasanya jarak tempuh jalur darat selama satu jam.

Derby Keihanshin

Keihanshin adalah kota metropolis terbesar kedua di Negeri Sakura. Di dalamnya terdapat Prefektur Osaka, Hyogo, dan Kyoto. Area ini lebih dikenal dengan nama Kansai.

Ada empat tim yang berasal dari area ini di J League 2023, yaitu Gamba Osaka, Cerezo Osaka, Vissel Kobe, dan Kyoto Sanga. Pertemuan dua tim dari arena ini disebut Derby Kansai.

Menariknya, dalam setiap pertemuan antara keempat tim ini ada pula sebutannya sendiri. Kyoto Sanga vs Gamba Osaka atau Cerezo Osaka disebut Derby Keihan. Sementara duel Vissel Kobe dengan dua tim asal Osaka dinamakan Derby Hanshin.

Derby Osaka menjadi yang terbesar dalam area ini, yakni duel Gamba Osaka vs Cerezo Osaka. Keduanya memiliki kandang berbeda, di mana Gamba di Kota Suita Prefektur Osaka, sedangkan Cerezo di pusat Kota Osaka.

Greater Tokyo Area

Greater Tokyo Area merupakan daerah urban di sekitar Tokyo yang membentuk kesatuan, bahkan disebut sebagai daerah urban terbesar di dunia. Ada delapan tim J League 2023 yang berasal dari daerah ini.

Derby Kanagawa adalah duel antara Yokohama F. Marinos vs Kawasaki Frontale. Markas kedua tim cuma berjarak sekira 10 kilometer. Itulah yang membuat pertemuan selalu panas, tak cuma di atas lapangan.

Ada pula Derby Yokohama yang mempertemukan Marinos melawan Yokohama FC. Berasal dari satu kota, bisa dibilang Marinos adalah sang kakak.

Selanjutnya ada Derby Kanagawa antara Kawasaki Frontale vs F.C Tokyo. Pertemuan ini banyak juga dikenal dengan istilah Tamagawa Classico. Alasannya karena kandang mereka dipisahkan sungai besar bernama Sungai Tama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya