Toru Oniki, Pelatih Sukses di J League

Pelatih Kawasaki Frontale, Toru Oniki
Sumber :
  • twitter.com/J_League_En

Jepang – Sosok Toru Oniki sedang menjadi pembahasan hangat di sepakbola Jepang. Karena dia berhasil membawa Kawasaki Frontale menjadi juara Piala Kaisar 2023. Dia menjadi salah satu juru taktik sukses di J League.

5 Potret Rafael Struick Pemain Timnas Indonesia Keturunan Belanda Idola Para Wanita

Toru Oniki memulai karier kepelatihannya di Kawasaki Frontale. Dia mengemban tugas sejak dari tim U-18 pada 2007. Selama tiga tahun di sana, kemudian naik ke tim senior.

Akan tetapi, di tim senior dia harus lebih dulu menjadi asisten. Butuh waktu sekira tujuh tahun, sampai akhirnya Toru Oniki dipercaya menjadi pelatih kepala.

Widodo Cahyono Putro Ungkap Kunci Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Kawasaki Frontale

Photo :
  • twitter.com/frontale_staff

Sejak 2017 sampai sekarang, total sudah sembilan gelar juara yang disumbangkan untuk Kawasaki Frontale. Di musim pertama, dia membawa tim menjadi juara J League.

Viral, Mempelai Pria Ini Ijab Kabul Seperti Komentator Sepakbola

Di musim berikutnya, gelar juara J League juga berhasil dia dapatkan. Berlanjut ke musim 2019, kemenangan di Piala Kaisar dan Piala Super Jepang didapat.

Pada musim 2020, Toru Oniki juga berhasil membawa Frontale memenangkan gelar juara J League. Dia memadukannya dengan Piala Kaisar.

Suporter Kawasaki Frontale

Photo :
  • Dok. J League

Dua gelar juara daalam semusim juga didapat pada 2021. Frontale mempertahankan gelar juara J League, dan tambahannya adalah Piala Super Jepang.

Musim 2022 menjadi tidak bagus bagi Toru Oniki. Karena anak asuhnya gagal untuk memenangkan satu gelar juara pun. Baru sekarang satu gelar kembali didapat.

Di usia 49 tahun, Toru Oniki merupakan pelatih dengan lisensi Pro UEFA. Dia masih terikat kontrak hingga Januari 2025 dengan Frontale.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya