Legenda Sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Legenda Jerman, Franz Beckenbauer.
Sumber :
  • tz.de

VIVA –Franz Beckenbauer, yang memimpin Jerman Barat meraih kejayaan Piala Dunia sebagai kapten dan manajer, meninggal dunia pada usia 78 tahun.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Beckenbauer, yang dijuluki 'Der Kaiser', memenangkan Piala Dunia bersama negaranya sebagai pemain pada tahun 1974 dan sebagai manajer pada tahun 1990 – dan juga bermain hampir 600 pertandingan untuk raksasa Jerman Bayern Munich. Dia dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa. waktu.

Keluarganya mengkonfirmasi berita tersebut dalam sebuah pernyataan pada senin 8 Januari 204 waktu setempat: “Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya. Kami meminta Anda dapat berduka dalam diam dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun.”

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Beckenbauer nyaris gagal menjadi juara dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1966 ketika Jerman Barat dikalahkan 4-2 dalam perpanjangan waktu oleh Inggris di Stadion Wembley London.

“Saya diminta untuk menandai pemain terbaik saat itu: Bobby Charlton. Bobby kemudian memberi tahu saya bahwa [manajer Inggris] Alf Ramsey telah memintanya untuk mengawasi pria muda Jerman yang tampan ini,” katanya. “Inggris mengalahkan kami karena Bobby Charlton sedikit lebih baik dari saya.”

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Kemenangan pertamanya terjadi delapan tahun kemudian di kandang sendiri ketika Jerman Barat mengalahkan Belanda – yang dikapteni oleh legenda sepak bola Johan Cruyff – 2-1 di Munich. “Johan adalah pemain yang lebih baik, tapi saya memenangkan Piala Dunia,” kata Beckenbauer.

Kemudian, pada tahun 1990, timnya mengalahkan Argentina pimpinan Diego Maradona 1-0 di Roma, yang berarti ia menjadi orang kedua yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan kemudian menjadi manajer setelah Mario Zagallo dari Brasil, sementara Didier Deschamps sejak itu mencapai prestasi yang sama. dengan Perancis.

Beckenbauer adalah pemain yang berkelas dan dominan di lapangan untuk Jerman Barat dan Bayern Munich pada tahun 1960an dan 70an, menggunakan ketenangan dalam penguasaan bola dan distribusi yang mudah untuk menciptakan peran penyapu pertahanan tengah di mana ia menemukan kesuksesan terbesarnya.

Dia mengoleksi 103 caps untuk Jerman Barat, memenangkan Kejuaraan Eropa 1972, yang terjadi empat tahun sebelum kemenangannya di Piala Dunia di kandang sendiri.

Tim Bayern Munich yang dipimpinnya adalah tim klub terbaik di dunia selama pertengahan tahun 1970an, memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut dan tiga gelar Bundesliga berturut-turut, dan Beckenbauer sendiri dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa.


Setelah melatih, Beckenbauer pindah ke administrasi sepak bola tetapi pada tahun 2016 ia didenda oleh komite etik FIFA karena gagal bekerja sama dalam penyelidikan korupsi dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2018 dan 2022.

Lothar Matthaus menjadi kapten tim Jerman yang memenangkan Piala Dunia 1990 dan memberikan penghormatan kepada mantan manajer dan temannya.

“Saya sangat terkejut, padahal saya tahu Franz sedang tidak enak badan. Kematiannya merupakan kehilangan bagi sepak bola dan Jerman secara keseluruhan,” kata Matthaus kepada media Jerman, Bild. 

“Dia adalah salah satu yang terhebat sebagai pemain dan pelatih, tapi juga di luar lapangan. Franz adalah kepribadian yang luar biasa tidak hanya dalam sepak bola, dan dia menikmati pengakuan dunia.

“Setiap orang yang mengenalnya tahu betapa hebat dan murah hati Franz. Seorang teman baik meninggalkan kami. Saya akan merindukannya – kita semua akan merindukannya.”
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya