FIFA Putuskan Stadion Ini Jadi Venue Final Piala Dunia 2026

Presiden FIFA, Gianni Infantino di acara G20
Sumber :
  • Gianni Infantino

VIVA – Final Piala Dunia FIFA 2026 akan digelar di Stadion MetLife di New Jersey, FIFA mengumumkan Senin 5 Februari 2024. Sedangkan laga pembuka akan dihelat di Stadion Azteca di Mexico City.

Kondisi Terkini Wonderkid Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh Usai Lama Tak Terdengar Kabarnya

Ya, Piala Dunia 2026 akan berbeda dari helatan sebelumnya. Pada edisi kali ini, FIFA menetapkan tiga negera yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Ketiga negara tersebut berasal dari Benua Amerika, yakni Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Kanada. 

Ini merupakan kali pertama ajang Piala Dunia bakal diselenggarakan di tiga negara berbeda. Dari ketiga negara di atas, hanya Kanada yang belum berpengalaman menggelar event Piala Dunia.

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

“Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonis ke final spektakuler di New York New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan, yang bukan hanya menetapkan rekor-rekor baru, namun juga meninggalkan warisan yang tidak terbantahkan” kata Presiden FIFA Gianni Infantino, dilansir kansascity.

Sementara itu, Gubernur Ney Jersey Phil Murphy mengaku bangga Stadion MetLife dipilih menjadi venue final turnamen paling prestisius di muka bumi ini.

Terpopuler: Justin Hubner Diganti Bek Persib, Timnas Indonesia Disorot FIFA

“Dalam banyak hal, kita mempunyai seluruh dunia dengan lebih dari 600 bahasa dan dialek yang digunakan di wilayah kita,” kata Gubernur New Jersey Phil Murphy dalam sebuah pernyataan. 

"Tidak ada tempat yang lebih baik dalam menangkap keluasan dan keragaman permainan terhebat di dunia selain New York City dan Garden State kita banggakan. Pertandingan final akan digelar pada 19 Juli 2026 di stadion East Rutherford," ucapnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Eric Adams, walikota New York. “Sebagai walikota kota paling beragam di Amerika Serikat, kota yang dipenuhi penggemar sepak bola, kami tidak sabar menyambut dunia untuk Piala Dunia FIFA 2026,” kata Eric Adams.

Stadion MetLife berkapasitas 82.500 penonton, melintasi Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey. Stadion itu merupakan kandang tim american football New York Giants dan New York Jets. Stadion ini juga pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan sepak bola internasional, termasuk final Piala Amerika 2016.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya