Di Piala Asia Saja Gugur, Timnas Jepang Malah Bermimpi Ranking 1 Dunia FIFA

Pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu
Sumber :
  • FIFA

VIVA – Timnas Jepang tidak seperti yang orang-orang bilang akan menjadi juara Piala Asia 2023. Alih-alih masuk babak final, Tim Samurai Biru hanya mentok di babak perempatfinal.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Mereka menelan kekalahan menyakitkan dari Iran 1-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Education City Stadium, Al Rayyan, Sabtu 3 Februari 2024.

Jepang sejatinya unggul lebih dulu berkat gol Hidemasa Morita di babak pertama. Iran bangkit di babak kedua dan membalikkan skor berkat gol Mohammad Mohebi dan penalti Alireza Jahanbakhsh di masa injury time.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Berkat hasil ini, Iran berhak melaju ke babak semifinal untuk berhadapan dengan pemenang laga Qatar vs Uzbekistan. Sementara itu, langkah Jepang sebagai tim favorit juara harus terhenti sampai di sini.

Kegagalan ini tak membuat pelatih Jepang, Hajime Moriyasu mundur. Dia justru menargetkan timnya bisa menembus peringkat pertama Rangking FIFA. Adapun saat ini Jepang berada di peringkatt ke-17.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

"Sekarang Piala Asia telah berakhir, saya ingin bekerja keras satu per satu untuk mencapai tujuan besar menjadi peringkat satu dunia," kata Moriyasi.

"Kemudian membangun kekuatan untuk memenangkan kualifikasi zona Asia sebagai persiapan untuk Piala Asia dan Piala Dunia," kata Moriyasu dikutip dari Soccerking. 

Di sisi lain, Moriyasu berterima kasih kepada para pendukung yang menyemangati timnya hingga akhir Piala Asia 2023. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Jepang yang mendukung kami," kata Moriyasu.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya