Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Duel Inter Milan vs Salzburg
Sumber :
  • Twitter: Inter Milan

Amerika Serikat – Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

Ada Girona dan Aston Villa, 23 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan

Dengan demikian 12 kuota Eropa untuk Piala Dunia Antarklub 2025 sudah terisi lengkap.

"RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dan terakhir yang lolos Piala Dunia Antarklub. Kekalahan Arsenal di tangan Bayern Muenchen dalam perempat final Liga Champions mengartikan tim Bundesliga Austria itu memastikan tempat dalam turnamen global itu melalui jalur peringkat," tulis FIFA dalam lamannya pada Kamis.

Kongres Uighur Dunia Bakal Mengorganisir Demonstrasi Besar-besaran di Seluruh Eropa

Arsenal yang harus menjadi juara Liga Champions musim ini terpaksa absen, sebaliknya Salzburg menyusul 11 wakil Eropa yang lebih dulu menyegel satu tiket menuju turnamen yang diadakan di Amerika Serikat tersebut.

Aston Villa Lolos ke Liga Champions, Pernah Juara Berkat Gol Eks Pelatih Timnas Indonesia

Kompetisi dengan format baru 32 tim tersebut akan  bertanding satu sama lain selama Juni dan Juli 2025. Mereka adalah klub-klub dari enam konfederasi.

11 wakil Eropa yang sudah lebih dulu mendapatkan tiket ini adalah juara Liga Champions tiga musim terakhir, yaitu Manchester City, Real Madrid dan Chelsea.

Lalu Bayern Munich, PSG, Inter Milan, Porto, Benfica, Borussia Dortmund, Juventus dan  Atletico Madrid.

Semuanya mengisi delapan slot tim lewat jalur penghitungan poin berdasarkan penampilan Liga Champions dalam empat musim terakhir, termasuk musim ini.

Mengingat Real Madrid, Bayern Munich, Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain yang kini berada dalam semifinal Liga Champions musim ini akan mengisi satu slot juara untuk berkiprah dalam Piala Dunia Antarklub 2025, maka Salzburg diuntungkan karena lolos berdasarkan penghitungan poin.

"Sebagai juara edisi Liga Champions saat ini, yang diakhiri dengan final di London pada 1 Juni, dipastikan akan menjadi salah satu tim yang tercantum di atas, maka tim peringkat terbaik berikutnya yang memenuhi syarat dalam jalur kualifikasi adalah Salbzurg setelah Arsenal gugur," tulis FIFA.

24 Klub Lolos
Total 24 klub sudah memastikan tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025. Tersisa tinggal 8 tiket lagi yang akan tampil di AS.

Dari Asia, ada satu klub terbaru yang lolos lewat jalur peringkat dalam empat musim terakhir

Klub tersebut adalah klub asal Korea Selatan Ulsan HD. Mereka menyusul langkah Al Hilal (Arab Saudi) dan Urawa Red Diamonds (Jepang) yang berstatus juara Liga Champions Asia.

Tinggal satu jatah lagi dari Asia yang akan tampil di AS. Yakni juara Liga Champions Asia 2023/24.

Jika juara Liga Champions Asia musim ini sudah memastikan tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025, maka jatah tersebut akan dialihkan berdasarkan peringkat, dan akan menjadi milik Jeonbuk Hyundai Motors.

Berikut daftar tim yang lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025: 

AFC  
1. Al Hilal  
2. Urawa Red Diamonds
3. Ulsan HD  

CAF  
4. Al Ahly  
5. Wydad Casablanca
  
CONMEBOL
 
6. Palmeiras   
7. Flamengo  
8. Fluminense  

CONCACAF  
9. Monterrey  
10. Seattle Sounders  
11. Leon  

OFC  
12. Auckland City  

UEFA  
13. Chelsea  
14. Real Madrid  
15. Manchester City  
16. Bayern Munich  
17. Inter Milan  
18. PSG  
19. FC Porto  
20. Benfica  
21. Borussia Dortmund  
22. Juventus 
23. Atletico Madrid
24. RB Salzburg

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya