Timnas Inggris Dikritik Akibat Bawa Kiper Cadangan Arsenal ke Euro 2024

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate
Sumber :
  • AP Photo/Markus Ulmer

Jerman – Manajer Timnas Inggris dikritik karena dianggap melakukan kesalahan saat membawa Aaron Ramsdale ke Euro setelah musim yang buruk sang kiper di Arsenal.

Toni Kroos Minta Pemain Muda Contoh Cristiano Ronaldo: Dia Punya Banyak Gol dan Mobil Mewah

Meski hanya menjadi starter dalam sepuluh pertandingan musim lalu, Ramsdale masuk dalam 26 pemain Timnas Inggris di Euro 2024.

Ramsdale menghabiskan musim berturut-turut sebagai pemain No. 1 Mikel Arteta setelah kepindahan senilai £30 juta dari Sheffield United pada tahun 2021, membantu The Gunners menjadi penantang gelar Liga Premier pada 2022-23.

Arsenal Siap Tukar Pemain Demi Bek Timnas Inggris di EURO 2024

Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale

Photo :
  • Instagram/@aaronramsdale

Saat pemain berusia 26 tahun itu tampil mengesankan di Emirates Stadium, Arteta mengambil keputusan untuk mengontrak David Raya dari Brentford musim panas lalu dan menjadikan pemain Spanyol itu sebagai penjaga gawang pilihan pertama yang baru.

Arsenal Kasih Sinyal Jual 2 Pemain Ini, Ada yang Jadi Rebutan Raksasa Serie A

Kepindahan tersebut secara drastis mempengaruhi waktu bermain Ramsdale musim lalu dan hampir pasti mempercepat kepergian pemain internasional Inggris itu dari Arsenal di tengah minat dari Newcastle United.

Meskipun mengalami musim yang kurang baik dan tidak aktif di London utara, Ramsdale masuk dalam skuad terakhir Inggris untuk Euro bersama pemain nomor 1 Southgate, Jordan Pickford, dan pemain cadangan Dean Henderson.

Kecuali Pickford mengalami cedera yang tidak menguntungkan, Ramsdale kemungkinan besar tidak akan tampil di Jerman. Dan, legenda Arsenal  Emmanuel Petit yakin keputusan Southgate adalah suatu kesalahan.

Berbicara kepada mantan striker Inggris Emile Heskey, Petit berkata: ‘Saya punya pertanyaan untuk Anda tentang Ramsdale: bagaimana Anda bisa memilih pemain yang tidak bermain sepanjang musim?’

Menanggapi mantan gelandang Arsenal itu, Heskey berkata: “Gareth Southgate mungkin sedang melihat kualitas dari apa yang sebenarnya ada di belakangnya.

Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale saat melawan Tottenham Hotspur

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

“Jangan salah paham, kami punya James Trafford yang bermain, dia adalah pemain muda berusia di bawah 21 tahun – apakah Anda lebih suka menempatkan pemain seperti itu sebagai pilihan kedua atau ketiga, hanya untuk menghindarinya?

"Karena kenyataannya dia tidak akan bermain, kan. Jadi kita hanya perlu menyiasatinya, sehingga kita tahu apa yang akan dihadapi generasi berikutnya.”

Petit kemudian menambahkan: “Saya tidak khawatir tentang kualitasnya [Ramsdale] tetapi saya khawatir tentang kekuatan mentalnya, karena dia telah melalui tahun yang sangat sulit.

“Terkadang sangat memalukan melihatnya di bangku cadangan. Seorang penjaga gawang berbeda dengan pemain di lapangan. Secara mental, mereka harus sangat kuat.

“Setelah musim ini, saya bertanya-tanya apakah dia fit untuk bermain di kompetisi besar seperti ini – misalnya jika Pickford cedera.”
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya