Debut Manis Bersama Timnas Spanyol di Piala Eropa 2024, Lamine Yamal: Ini Adalah Mimpi

Pemain Spanyol Lamine Yamal, berebut bola dengan pemain Kroasia Josko Gvardiol
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Berlin – Lamine Yamal melakoni debutnya dengan manis bersama Timnas Spanyol di Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 usai mengalahkan Kroasia dengan skor 3-0 dalam laga pembuka Grup B di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu 15 Juni 2024 malam WIB.

Riccardo Calafiori Sudah Siap Terbang ke London

Dalam Euro 2024, Yamal merupakan pemain termuda yang tampil, usianya kini baru 16 tahun. Dia menggeser rekor pemain termuda sebelumnya dipegang pemain Timnas Polandia, Kacper Kozlowski ketika tampil di Euro 2020 saat berusia 17 tahun.

Dalam pertandingan kontra Kroasia, Spanyol membuka keunggulan lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-29. Tiga menit berselang Fabian Ruiz menambah go untuk La Furia Roja.

Cabor Sepakbola Olimpiade 2024 Dimulai Hari Ini, Timnas Argentina dan Spanyol Beraksi

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Adapun, gol ketiga Timnas Spanyol dihasilkan melalui tandukan Dani Carvajal memanfaatkan umpan silang dari Lamine Yamal pada menit ke 45+2’.

Toni Kroos Minta Pemain Muda Contoh Cristiano Ronaldo: Dia Punya Banyak Gol dan Mobil Mewah

Umpan silang berbuah gol tersebut membuka rekor Yamal di Euro sebagai penyumbang assist termuda di Piala Eropa.

Uniknya, assis Yamal diberikan kepada Carvajal yang merupakan pencetak gol tertua di Timnas Spanyol sepanjang sejarah Piala Eropa, yakni berusia 32 tahun.

"Ini adalah sebuah mimpi. Saya sangat senang bisa bermain di Piala Eropa,” ujar Yamal dikutip dari SportsMax Minggu, 16 Juni 2024.

Yamal menilai Timnas Spanyol kini tampil dengan kepercayaan diri penuh. Dia mengatakan usai menekuk Kroasia, mereka langsung fokus menatap laga berikutnya untuk melawan Timnas Italia.


Source : AP Photo/Ebrahim Noroozi

Berbekal hasil positif, anak-anak asuh Luis de La Fuente kini nangkring di puncak klasemen sementara Grup B dengan 3 poin. Mereka unggul selisih gol dari Italia yang hanya menang 2-1 dari Albania di laga pembuka.

“Kami akan pergi dengan kepercayaan diri yang sama. Kerja keras dalam beberapa bulan terakhir telah terlihat hasilnya,” pungkas pemain sayap Barcelona ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya