Fenomenal, Arda Guler Pecahkan Rekor Ronaldo yang Sudah Bertahan 20 Tahun

Arda Guler
Sumber :
  • UEFA

VIVA – Wonderkid Turki, Arda Guler menjadi sorotan usai mencetak gol pada debutnya di Euro 2024. Arda membantu Turki saat mengalahkan Georgia 3-1 pada laga perdana Grup F Euro 2024 di BVB Dortmund Stadion, Selasa 18 Juni 2024.

Arsenal Siap Tukar Pemain Demi Bek Timnas Inggris di EURO 2024

Guler mencetak gol pada menit ke-65 untuk membawa Turki kembali memimpin setelah skor imbang 1-1. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kiri miliknya.

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia.

4 Striker Asia Tenggara Ini Lebih Tajam dari Ronaldo, Ada Pemain Timnas Indonesia

Bagi Guler ini adalah gol keduanya dari sembilan penampilan bersama Turki. Dia pun dinobatkan sebagai man of the match. Selain itu, Guler juga berhasil memecahkan rekor bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo yang sudah bertahan selama 20 tahun.

Melansir ESPN, Guler menjadi pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004. 

Lebih Tajam dari Ronaldo, Striker Indonesia Abdul Kadir Mencetak Gol dari Pinggir Kiper Terjungkir

Guler saat ini berusia 19 tahun 114 hari dan jadi pemain termuda yang bikin gol pada laga debut Piala Eropa, setelah Ronaldo saat menghadapi Yunani di 2004. Ketika itu, Ronaldo berusia 19 tahun dan 128 hari.

Adapun rekor pencetak gol termuda masih dipegang penyerang Swiss Johan Vonlanthen (18 tahun 141 hari) yang bikin gol kala kalah 1-3 dari Prancis. 

Setelah Vonlanthen, ada Wayne Rooney (19 tahun 237 hari), Renato Sanches (18 tahun 317 hari), dan Dragan Stojkovic (19 tahun 108 hari). Untuk laga final, pencetak gol termuda ada pemain Italia Pietro Anastasi pada usia 20 tahun 64 hari ketika menjebol jala Yugoslavia tahun 1968.


 

Cristiano Ronaldo dan Toni Kroos dalam duel Jerman vs Portugal.

Toni Kroos Minta Pemain Muda Contoh Cristiano Ronaldo: Dia Punya Banyak Gol dan Mobil Mewah

Bintang Timnas Jerman di Euro 2024, Toni Kroos memotivasi pemain muda dengan meminta mereka mencontoh kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronado.

img_title
VIVA.co.id
23 Juli 2024