Polandia Jadi Tim Pertama Tersingkir dari Piala Eropa 2024, Belgia Bakal Menyusul?

Kapten Timnas Polandia Robert Lewandowski di Piala Eropa 2024
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Berlin – Timnas Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Eropa 2024. Hal tersebut didapat usai Robert Lewandowski dan kawan-kawan kalah dari Austria pada Jumat 21 Juni 2024.

Bergaji Rp551 Miliar di Real Madrid, Kylian Mbappe Masih Kalah dari 2 Pemain Barcelona Ini

Dalam pertandingan di Olympiastadion Berlin, anak-anak asuh Michał Pobierz tak berdaya saat dihajar Austria dalam matchday 2 Grup D Euro 2024 dengan skor 3-1.

Tiga gol Austria disumbangkan Gernot Trauner (9'), Christoph Baumgartner (66') dan penalti Marko Arnautovic (78'). Adapun, Polandia hanya bisa membalas satu gol lewat Krzysztof Piatek (30').

Lionel Messi Masih Tertinggal 21 Gol dari Cristiano Ronaldo

Kapten Polandia Robert Lewandowski duel dengan pemain Asutria di Euro 2024

Photo :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

Kekalahan tersebut adalah yang kedua bagi Polandia, usai pada matchday pertama mereka kalah 1-2 dari Timnas Belanda di bawah asuhan Ronald Koeman.

Pep Guardiola Jadi Bidikan Baru Timnas Inggris Gantikan Gareth Southgate

Polandia sebetulnya masih dapat bertahan seandainya Belanda berhasil mengalahkan Prancis. Hal ini hampir terjadi jika saja gol pemain Belanda, Xavi Simons tidak dianulir wasit akibat Denzel Dumfries dianggap offside.

Laga Belanda melawan timnas Prancis di Red Bull Arena, Leipzig Sabtu 22 Juni 2024 dini hari WIB berakhir seri 0-0, sehingga langkah Polandia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2024 terhenti.

Dengan satu laga tersisa, menghadapi Prancis pada Selasa, 25 Juni 2024 malam WIB, Polandia dipastikan sulit bangkit dari posisi juru kunci. Meskipun Polandia menang dan Austria kalah dari Belanda. Sebab, Polandia tetap kalah head to head dari Austria.

Selain Polandia, Belgia juga diprediksi bakal tersingkir dari Piala Eropa 2024. Nasib Kevin De Bruyne dan kawan-kawan bakal ditentukan saat menghadapi Rumania Minggu, 23 Juni 2024, 02:00 WIB.

Jika Belgia menang, mereka harus melakoni laga penentuan melawan Ukraina pada Rabu 26 Juni 2024.

Pemain Timnas Belgia, Romelu Lukaku

Photo :
  • AP Photo/Michael Probst

Selain itu, Hongaria yang belum meraih kemenangan di Grup A juga berpotensi tersingkir. Namun, mereka bisa meraih posisi tiga karena lawan terakhir Hongaria adalah Skotlandia yang baru meraih satu poin.

Sebagai informasi, di Piala Eropa, selain posisi juara dan runner up di grup yang lolos, akan ada empat tim yang bisa menyusul. Status empat tim yang lolos itu dengan predikat posisi ketiga terbaik dari seluruh grup.

Syarat yang harus diraih antara lain memiliki poin lebih tinggi dari tim posisi tiga lainnya, unggul selisih gol dan jumlah produktivitas gol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya