Daftar 2 Tim di Final Euro 2024

Timnas Spanyol menang atas Prancis di semifinal EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar

VIVA – Euro 2024 sudah memainkan seluruh pertandingan di babak semifinal. Kini, tersisa dua tim untuk memainkan laga puncak alias final.

Demonstran Pro-Palestina di Inggris Desak Pemerintah Stop Jual Senjata kepada Israel

Spanyol melenggang ke final lebih dulu. La Furia Roja menyingkirkan Prancis dengan skor 2-1 dalam laga semifinal yang digelar di Allianz Arena, Munchen pada Rabu dini hari WIB, 10 Juli 2024.

Spanyol sejatinya sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Randal Kolo Muani. Namun, tim besutan Luis de la Fuente itu mampu bangkit dan berbalik menang lewat aksi Lamine Yamal dan Dani Olmo.

Hasil Olimpiade 2024: Argentina Ditahan Imbang Maroko, Uzbekistan Kasih Perlawanan ke Spanyol

Ini adalah final kelima Spanyol di Euro setelah pada 1964, 1984, 2008 dan 2012. Hanya Jerman (6 kali) yang lolos ke final Piala Eropa lebih banyak daripada Spanyol.

Sehari kemudian, atau Kamis dini hari WIB, 11 Juli 2024, Inggris menjadi lawan Spanyol di partai final usai menghajar Belanda.

Riccardo Calafiori Sudah Siap Terbang ke London

Inggris dan Belanda bertemu di Signal Iduna Park, Dortmund. Sejatinya, Belanda berhasil unggul 1-0 saat laga baru berjalan 7 menit. 

Tendangan keras Xavi Simons dari luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Inggris, Jordan Pickford. Namun, Inggris menyamakan kedudukan di menit 18. Tendangan penalti Harry Kane mampu mengoyak jala Die Oranje. 

Saat duel sepertinya akan dilanjutkan babak tambahan, Inggris justru mampu mencetak gol kemenangan. 

Gol pemain pengganti Ollie Watkins di menit 90 mengantarkan The Three Lions ke partai final. Watkins mencetak gol dari sudut sempit yang mengoyak gawang Belanda. 

Ini kali kedua Inggris menembus final Piala Eropa, dan diraih secara beruntun. Sebelumnya, terjadi di EURO 2020.

Laga Spanyol vs Inggris dalam final Euro 2024 bakal berlangsung di Stadion Olimpiade, Berlin, Jerman, pada Minggu 14 Juli 2024 atau Senin 15 Juli 2024mulai pukul 02.00 WIB. 
 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya