Luar Biasa, 10 Pemain Jepang Tekuk Suriah

Keisuke Honda
Sumber :

VIVAnews - Jepang akhirnya memetik poin penuh pada Piala Asia, Kamis, 13 Januari 2011. Dalam laga yang digelar di Sport Club Stadium, Qatar, Samurai Biru menang tipis 2-1 atas Suriah.

Pada penyisihan Grup C ini, Jepang terlihat tampil dominan atas Suriah. Permainan cepat yang diperagakan pasukan Alberto Zaccheroni kerap merepotkan barisan pertahanan lawan.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Jepang sudah mampu menciptakan beberapa peluang emas di awal babak pertama. Namun Samurai Biru baru berhasil menjebol gawang lawannya, pada menit ke-35 lewat gol yang dicetak oleh sang kapten Makoto Hasebe.

Gol Hasebe berawal dari kemelut di depan gawang Suriah. Hasebe yang mendapat bola muntah dengan tenang berhasil melihat ruang kosong di sisi kiri gawang Suriah sebelum memperdayai kiper Mosab Balhous.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Suriah mencoba mengejar ketertinggalannya dengan meningkatkan tempo permainannya. Namun kokohnya barisan pertahanan Samurai Biru masih mampu mematahkan serangan pasukan Valeriu Tita.

Keputusan kontroversial menguntungkan Suriah pada menit ke-73. Wasit Moshen Torky menunjuk titik putih saat penyerang, Sanharib Malki yang sudah offside diganjal kiper Jepang Eiji Kawashima di kotak terlarang.

Hakim garis sendiri sudah mengangkat bendera offside. Namun wasit asal Iran itu tetap pada pendiriannya memberikan penalti kepada Suriah. Tak hanya itu, Torky juga mengganjar kawashima dengan kartu merah.

Keputusan ini pun langsung disambut protes keras dari pemain-pemain Jepang. Namun Torky bergeming dan tetap menunjuk titik putih.

Firas Al-Khatib tampil sebagai eksekutor pada menit ke-75. Al Khatib sukses menaklukkan kiper Shusaku Nishikawa dan meruah skor menjadi 1-1.

Bermain dengan 10 pemain, tak membuat mental pemain Jepang drop. Sebaliknya, salah satu wakil Asia di Piala Dunia 2010 ini terlihat lebih agresif dalam menekan pertahanan lawan.

Hasilnya, pada menit ke-81, giliran Jepang yang mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah penyerang Jepang, Shinji Okazaki dijatuhkan pemain belakang Suriah di kotak terlarang.

Pesan Mengharukan Shin Tae-yong untuk Korea Selatan

Keisuke Honda yang tampil sebagai eksekutor dengan tenang berhasil memerdayai kiper Suriah, Mosab Balhous dan membawa timnya kembali unggul dengan skor 2-1. Keunggulan ini bertahan hingga laga usai.

Suriah juga harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90. Wasit mengusir Nadim Sabagh usai mengganjarnya dengan kartu kuning kedua.

Dengan kemenangan ini, Jepang kini memuncaki Grup B dengan koleksi 4 poin dari 2 laga. Di peringkat kedua ditempati oleh Yordania dengan koleksi nilai yang sama namun kalah agregat gol dari Jepang. 

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Sedangkan Suriah harus tergusur ke urutan ketiga dengan koleksi 3 poin dari 2 laga.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan Temui Presiden Jokowi

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, datang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat, 26 April 2024. Menteri Luar Ne

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024