Sepakbola Dunia Sampaikan Duka untuk Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/ Kyodo News

VIVAnews - Bencana gempa dan Tsunami yang menimpa Jepang pada 11 Maret 2011 mengundang rasa simpati dan keprihatinan warga dunia. Bukan hanya para pemimpin-pemimpin negara yang menyampaikan rasa dukanya, namun juga para pelaku sepakbola di dunia.

"Atas nama AFC (Federasi Sepakbola Asia), FIFA (Federasi Sepakbola Dunia), dan para anggotanya, saya menyampaikan duka sedalam-dalamnya untuk keluarga dan kerabat korban gempa dan Tsunami di Jepang," kata Presiden Federasi Sepakbola Pakistan Syed Faisal Saleh Hayat di situs resminya, Minggu 13 Maret 2011.

Rasa keprihatinan yang sama disampaikan pula secara langsung oleh para pesepakbola. Salah satu pertandingan di Liga Australia antara Brisbane Roar dan Central Coast Mariners di Liga Australia akan dimulai dengan mengheningkan cipta selama semenit.

Federasi Sepakbola Australia (FFA) juga berupaya mengumpulkan dana untuk para korban bencana. "Bencana mengerikan ini mengejutkan kami semua dan saya ingin JFA (Federasi Sepakbola Jepang) tahu kalau seluruh komunitas sepakbola Australia memikirkan mereka sekarang ini," ujar CEO FFA Ben Buckley.

Indonesia tidak ketinggalan dalam berbagi rasa duka ini. Sebelum laga antara Bandung FC (BFC) melawan Minangkabau FC Padang (MFCP) di lanjutan Liga Primer Indonesia (LPI), Sabtu kemarin, diawali dengan mengheningkan cipta.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Sebelumnya, FIFA melalui Presiden Sepp Blatter juga sudah menyampaikan belasungkawa untuk Jepang."Atas nama FIFA saya ingin sampaikan dukungan moril agar Anda tahu kalau kami turut merasa prihatin dengan para korban yang terluka dan keluarga," ujar Blatter.

Gempa dan Tsunami Jepang menimbulkan korban hilang dan tewas. Hinggu Minggu siang diperkirakan ada 1.000 korban tewas dan ratusan orang hilang. Bahkan korban terbaru merupakan mereka yang terpapar radioaktif dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukushima. (umi)

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024