SEA Games 2011

RD Minta Pasukannya Fokus Lawan Thailand

Timnas Sepak Bola Indonesia Taklukan Singapura
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Timnas Indonesia belum terkalahkan di babak penyisihan SEA Games 2011. Garuda Muda sukses merebut dua kemenangan beruntun, yakni lawan Kamboja dan Singapura dan sementara memimpin Grup A dengan enam poin dari dua laga.

Indonesia selanjutnya akan bertemu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu, 13 November 2011. Bila menang, Indonesia dipastikan akan mengunci tiket ke semifinal, meski masih menyisakan satu laga.

Menghadapi laga ini, pelatih timnas, Rahmad Darmawan (RD) mengingatkan punggawanya agar tidak larut dalam euforia kemenangan dua laga sebelumnya. Sebaliknya, mantan pelatih Persija, Persipura, dan Sriwijaya FC itu meminta Egi Melgiansyah cs fokus lawan Thailand.

"Saya mengatakan kepada anak-anak untuk melupakan kemenangan kemarin dan tetap fokus lawan Thailand. Karena sangat penting artinya laga besok untuk langkah kami ke depan," kata RD di Senayan, Jakarta, Sabtu, 12 November 2011.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Thailand merupakan salah satu tim kuat di Asia Tenggara. Namun, langkah Tim Gajah Putih di SEA Games 2011 ini tidak terlalu mulus. Thailand dipaksa menyerah 1-2 oleh juara bertahan Malaysia. Beruntung di laga selanjutnya, Thailand mampu mengalahkan tim underdog Kamboja dengan skor telak 4-0.

"Dari awal saya sudah mengatakan kalau tidak ada lawan yang enteng dan tidak ada lawan yang perlu ditakuti. Tidak ada alasan untuk menganggap enteng dan tidak ada alasan menganggap lawan tidak bisa dikalahkan," ujar Rahmad.

Menurut Rahmad, Thailand adalah tim yang mengandalkan kolektivitas baik dalam menyerang dan bertahan. Pasukan Prapol Pongpanich juga piawai dalam mengatur ritme laga. "Ini yang harus dicermati anak-anak," tutur Rahmad.

Menghadapi Thailaind, Garuda Muda dipastikan tidak akan diperkuat oleh Stevie Bonsapia. Pemain Persipura itu tidak bisa tampil karena masih menjalani pemulihan usai dirawat akibat menderita penyakit lambung.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Kondisi mengkhawatirkan juga dialami oleh striker Titus Bonai. Tibo --sapaan akrabnya, mengalami demam dan tidak ikut latihan pagi tadi. Sementara itu, Patrich Wanggai mengalami memar di kaki akibat benturan dengan pemain Singapura. (art)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016