Yaya Toure Raih Pemain Terbaik Afrika 2011

Yaya Toure
Sumber :
  • REUTERS/Nigel Roddis

VIVAnews – Gelandang Pantai Gading dan Manchester City, Yaya Toure terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2011. Ini merupakan gelar pertama Toure sekaligus tercatat sebagai pemain Pantai Gading kedua yang sukses meraih penghargaan setelah Didier Drogba.

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Seperti dikutip Sky Sports, Toure sukses mengalahkan winger Ghana, Andre ‘Dede’ Ayew dan gelandang Mali, Seydou Keita. Pemilihan dilakukan dengan mekanisme polling yang dilakukan pelatih timnas dari 53 anggota Federasi Sepakbola Afrika (CAF). Acara pemilihan dilakukan di ibukota Ghana, Accra, Kamis 22 Desember 2011 waktu setempat.

Tahun ini Toure memang tampil gemilang. Dia sukses mencetak gol kemenangan Manchester City saat menang 1-0 di final Piala FA melawan Stoke City. Pemain 28 tahun ini juga sukses membawa The Citizens menempati puncak klasemen sementara Premier League, musim ini.

Klopp Ternyata Pernah Kepincut Datangkan De Bruyne

Bersama negaranya, saudara kandung Kolo Toure ini menjadi salah satu kunci keberhasilan Pantai Gading meraih rekor 100 persen kemenangan dalam Kualifikasi Piala Afrika 2012.

Untuk kategori lain, Harouna Doula terpilih sebagai Pelatih Terbaik setelah membawa Niger untuk kali pertama lolos ke Piala Afrika. Di babak kualifikasi Niger sukses menyisihkan Afrika Selatan dan juara bertahan Mesir.

Rekrutan Anyar MU Pernah Ditawar Murah ManCity

Sedangkan Botswana terpilih sebagai Tim Terbaik atas kelolosan mereka untuk pertama kalinya ke Piala Afrika.

Satu penghargaan lagi, yakni gelar legenda Afrika diraih oleh mantan pemain Nigeria, Jay-Jay Okocha dan mantan pemain Maroko, Mustapha Hadji.

Yaya Toure merayakan gol Manchester City

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Yaya Toure berusaha untuk berdamai dengan bos ManCity

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016