Sanksi Oliveira Masih Terekam di Situs AFC

Disciplinary list for ACL
Sumber :
  • the-AFC.com

VIVAbola - Adelaide United terancam didiskualifikasi dari babak penyisihan grup Liga Champions Asia (LCA) 2012 setelah menurunkan pemain tidak sah, Cassio Oliveira, di babak play off.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Pemain Australia naturalisasi Brasil itu seharusnya tidak bisa tampil usai mendapat kartu merah di laga terakhir Adelaide pada babak 16 besar Liga Champions Asia musim 2010.

Oliveira terakhir kali tampil di LCA saat memperkuat Adelaide United menghadapi Jeonbuk Hyundai Motors pada babak 16 besar grup timur, 12 Mei 2010. Pada pertandingan ini Oliveira diganjar kartu merah pada menit ke-120 usai mengantongi dua kartu kuning. Adelaide sendiri akhirnya menyerah dari Jeonbuk Hyundai Motors dengan skor 2-3.

Pada 31 Mei 2010, AFC merilis nama-nama pemain yang tidak bisa tampil pada leg pertama babak perempat final LCA 2010. Dalam rilis tersebut AFC juga menyatakan bahwa Cassio Oliveira dilarang memperkuat timnya Adelaide United pada satu pertandingan pada kompetisi AFC berikutnya. Dua pemain lain, yakni kiper Pakhtakor, Anvar Rashidov dan Abolghasem Dehnavi juga bernasib sama.

Hukuman ini belum juga dijalani oleh Oliveira. Pasalnya, pada musim berikutnya, Adelaide United tidak lolos ke LCA 2011. Peringkatnya yang terpuruk di urutan 10 di liga domestik membuat Adelaide itu tidak mendapat jatah untuk tampil pada LCA maupun AFC Cup yang digelar oleh AFC.

Pada LCA 2012, Adelaide kembali mendapat kesempatan tampil. Namun kali ini melalui babak play off menghadapi Persipura di kandang sendiri, Stadion Hindmarsh, Persipura Jayapura, 16 Maret 2012. Dalam duel ini, Adelaide berhasil menang dengan skor telak 3-0.

Sayang meski menang, kesempatan Adelaide tampil di babak penyisihan grup terancam hilang. Pasalnya, dalam pertandingan ini, The Reds, julukan Adelaide, menurunkan Oliveira. Pemain asal Brasil itu turun sebagai starter hingga laga usai.

Situs www.adelaidenow.com.au menyebutkan bahwa AFC akan membahas masalah ini. Rencananya, AFC akan bersidang hari ini untuk memutuskan apakah Adelaide terbukti melakukan pelanggaran atau tidak.

Bila terbukti menurunkan pemain ilegal, maka Adelaide terancam akan kehilangan haknya di penyisihan grup. Sebaliknya, Persipura otomatis akan dinyatakan menang WO 3-0 dan lolos ke grup E menemani Bunyodkor, Gamba Osaka, dan Pohang Steelers.

Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa

Namun Persipura juga masih harus menunggu keputusan final Court of Arbitration for Sport (CAS) bulan depan untuk memastikan apakah berhak tampil di kompetisi tertinggi di benua Asia itu.

Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan (kanan)

Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

BSU kalah lewat gol telat Boaz Solossa.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016