Taklukkan 10 Pemain Filipina, Thailand ke Final AFF

Pemain Timnas Thailand, Kroekrit Thawikan
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVAbola – Thailand akhirnya memastikan diri melaju ke babak final Piala AFF 2014, usai menaklukkan Filipina di semifinal leg 2, Rabu 10 Desember 2014. Thailand mengunci kemenangan dengan skor 3-0 di Rajamangala National Stadium.

Bermain di hadapan publiknya sendiri, Thailand langsung menancap gas sejak menit awal babak pertama. Hasilnya, ketika laga baru berjalan tujuh menit, Thailand berhasil membobol gawang Filipina.

Gol berawal dari kemelut di mulut gawang Filipina, bola sundulan Narubodin Weerawatnodom sampai di kaki Chanathip Songkrasin. Sepakan keras dari Songkrasin tak mampu diamankan oleh kiper Patrick Phillip Deyto. Skor 1-0 untuk Thailand.

Filipina masih belum keluar dari kepungan tim berjuluk The War Elephants, bahkan gawang mereka kembali terancam di menit 38. Beruntung, sepakan keras Peerapat Notchaiya dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Patrick Deyto.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Filipina mulai menemukan permainannya dan sesekali mengancam. Tetapi, skor 1-0 untuk keunggulan Thailand tak berubah hingga turun minum.

Di interval kedua, Thailand tak mengendurkan intensitas serangan ke daerah pertahanan Filipina. Publik Rajamangala National Stadium akhirnya kembali bersorak di menit 57, kala Kroekrit Thawikan sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0 untuk Thailand.

Dengan kedudukan sementara ini, Filipina setidaknya butuh dua gol untuk bisa melaju ke babak final. Skuad asuhan Thomas Dooley mampu mencetak peluang beberapa peluang, namun masih gagal dalam penyelesaian akhir.

Pada menit 78,  Kroekrit hampir saja menambah pundi-pundi golnya andai tendangannya tidak melebar ke kiri gawang Filipina. Penderitaan The Azkals –julukan Filipina- berlanjut pada menit 82, dengan diusirnya Martin Steuble, karena mendapat kartu kuning kedua.

Nama Kroekrit kembali terukir di papan skor usai mencetak gol keduanya yang cukup cantik di menit 85, Thailand menjauh dengan skor 3-0. Skor tak mengalami perubahan, Thailand pun berhasil melaju ke final, karena di leg pertama sukses menahan imbang Filipina tanpa gol.

Thailand tinggal menunggu pemenang antara Malaysia kontra Vietnam sebagai lawannya di babak final nanti. Partai puncak akan berlangsung pada 17 dan 20 Desember 2014 dengan sistem home-away.

Susunan pemain:
Thailand: Kawin Thamsatchanan; Suttinun Phuk-hom, Mongkol Tossakai (S. Masuk ’77), Narubodin Weerawatnodom, Peerapat Notchaiya, Charyl Chappuis, Chanathip Songkrasin, Kroekrit Thawikan (S. Soleb ’89), Tanaboon Kesarat, Prakit Deeprom (A. Lahsoh ’84), Sarach Yooyen

Filipina: Patrick Phillip Deyto; Rob Gier, Simone Rota (M. Hartmann ’69), Amani Aguinaldo, Daisuke Sato (P. Reichelt ’31), Jerry Lucena, Martin Steuble, Paul Mulders (C. Greatwich ’73), Manuel Gelito Ott, Misagh Bahadoran, Philip Younghusband

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan


Baca Juga:

Badan Berotot Ini Hebohkan Dunia Kuliner

Gara-gara Twitter, FIFA Denda 3 Klub Indonesia

Lima Pilihan Destinasi Cocok 'Backpacker'

Gagal Gaet Top Scorer ISL, Persib Datangkan Striker Brasil

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya