Sosok Penting di Balik Sukses Mesir ke Piala Dunia

Hector Cuper
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Timnas Mesir memastikan satu tiket ke Piala Dunia 2018 usai menekuk Kongo 2-1 dalam lanjutan kualifikasi grup E zona Afrika, Senin dinihari 9 Oktober 2017.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Sukses Mesir ini tidak terlepas dari tangan dingin pelatih asal Argentina, Hector Cuper. Pelatih berusia 61 tahun ini yang membantu Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Cuper ditunjuk sebagai pelatih timnas Mesir pada 2 Maret 2015. Dari 29 pertandingan di semua ajang, Mesir besutan Cuper sejauh ini meraih 19 kemenangan, 4 imbang dan 6 kalah. 

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Pencapaian terbaiknya adalah menjadi finalis Piala Afrika di awal 2017 lalu. Namun dia tetap terus mendapat kritikan karena kerap menampilkan permainan bertahan.

Cuper menilai, sepakbola indah tidak selalu menjadi formula tepat untuk meraih sukses. Menurutnya, tim harus bersikap realistis demi meraih apa yang ditargetkan.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

"Sepakbola tidak semudah yang orang-orang bayangkan. Sudut pandang para pelatih selalu berbeda dengan sudut pandang fans," kata Cuper seperti dilansir Ahram.

"Kita mungkin bisa bermain lebih baik dengan menyerang. Tapi tidak ada jaminan bisa lolos sepeerti saat ini. Buat saya, ini tentang bagaimana mengalahkan lawan dan meraih target," katanya.

Cuper sendiri bukan sosok yang asing bagi pecinta sepakbola Eropa di awal 2000-an. Namanya sempat mencuat saat memimpin Valencia dua kali ke final Liga Champions.

Terjadi pada Liga Champions 2000 dan 2001. Sayang, Valencia gagal juara di dua momen itu. Valencia besutannya ditekuk Real Madrid (2000) dan Bayern Munich (2001). (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya